Mohon tunggu...
Alfin Auliya Nur
Alfin Auliya Nur Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Perkenalkan, nama saya Alfin Auliya Nur, biasa dipanggil Alfin. Saya berasal dari Kabupaten Indramayu, yang dikenal dengan sebutan kota mangga, salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat. Lebih tepatnya Kelurahan Kepandean, Kecamatan Indramayu. Kabupaten yang mungkin tidak terlalu populer, tetapi sangat berarti bagi saya. Karena saya lahir, kecil, tumbuh, dan berkembang di sana. Ayah saya dari Indramayu, ibu saya juga dari Indramayu. Saya berasal dari keluarga jawa, walaupun Indramayu terletak di Provinsi Jawa Barat yang mayoritas masyarakatnya itu sunda. Saya anak ke-empat dari empat bersaudara, satu kakak perempuan dan dua kakak laki-laki. Hobi saya yaitu membaca buku (pengetahuan), menulis, diskusi, bermain sepak bola, bermain game. Sekarang saya sudah menginjak usia yang ke-20 tahun, usia yang sangat muda, dimana orang sedang produktif-produktifnya. Ketika saya berusia 5 tahun, saya memulai dunia pendidikan saya. Saya disekolahkan oleh kedua orang tua di Taman Kanak-Kanak Islamic Centre, Pekandangan-Indramayu. Kemudian saya melanjutkan pendidikan di bangku sekolah dasar, tepatnya di SDN Kepandean II Indramayu. Setelah lulus SD, saya ditawarkan oleh kedua orang tua saya untuk melanjutkan pendidikan di Pondok Pesantren, tepatnya di Pesantren Al–Ishlah Tajug, Balongan-Indramayu, dan saya menerima tawaran itu. Saya menempuh pendidikan di pesantren selama 6 tahun, SMP dan SMA. Setelah tamat SMA, saya tidak langsung kuliah, karena di pesantren tempat saya belajar ada yang namanya program pengabdian, tetapi sifatnya tidak wajib. Dan saya memilih mengabdi selama 1 tahun, untuk mendedikasikan diri saya kepada pesantren yang telah memberikan banyak ilmu yang berharga kepada saya. Dan setelah 1 tahun mengabdi, saya sekarang menjadi mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta), Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Program Studi Komunikasi & Penyiaran Islam.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Deskripsi Pesantren Al-Ishlah Tajug

1 Oktober 2022   11:37 Diperbarui: 1 Oktober 2022   11:46 885
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pesantren Al-Ishlah Tajug merupakan salah satu lembaga pendidikan yang ada di Kabupaten Indramayu, tepatnya terletak di Jl. Sudimampir, Blok Tajug, Ds. Sudimampir, Kec. Balongan. Terdapat 3 lembaga pendidikan formal di Pesantren Al-Ishlah Tajug, yaitu SD, SMP, dan SMA. Dan 1 lembaga pendidikan nonformal berupa Taman Kanak-Kanak (TK).

Pesantren Al-Ishlah Tajug mempunyai banyak gedung, diantaranya gedung Makkah, Palestina, dan gedung Madinah, yang berada setelah pintu masuk. Masing-masing gedung memiliki 2 lantai. Di gedung makkah terdapat ruang kelas, perpustakaan dan lab. Komputer. Kemudian di gedung Palestina terdapat ruang kelas. Dan di gedung madinah terdapat ruang kelas, kantor bendahara & sekretaris pesantren, kantor pimpinan, ruang tata usaha, dan kantor pengajaran.

Di depan kantor pengajaran terdapat sebuah lapangan yang biasa digunakan untuk bermain volly atau untuk area penjengukan. Lalu ada 4 rumah guru dan 2 ranggon. Di sebelah barat dari rumah guru terdapat asrama putri yang memiliki 4 gedung, diantaranya gedung Darul Muqomah, Al Ma’wa, Al-‘Adn dan gedung Firdaus. Di belakang gedung Firdaus terdapat sebuah Aula Serba Guna. Lalu di arah barat kantor pengajaran terdapat 2 ruang kelas, tempat cuci atau yang biasa kita sebut dengan laundry, 1 ruang kelas dan juga ada balong yang berbentuk lingkaran di depan laundry.

Kemudian ada asrama putra yang memiliki 4 gedung, yaitu gedung Darul Khuldi, Darussalam, Darul Hijrah, dan gedung Darul Qolam. Di sebelah barat balong ada lapangan, masjid, gedung Darul Khuldi, dan gedung Darussalam. Lalu ke arah utara ada rumah Pimpinan, dan di sebelah barat rumah Pimpinan ada rumah Direktur. Lalu ke arah selatan terdapat gedung SDIT Al-Ishlah dan ke arah barat ada gedung Darul Hijrah dan Darul Qolam.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun