Mohon tunggu...
alfina mawardani
alfina mawardani Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Beauty Pilihan

Cegah Insecure dengan Selflove

30 Oktober 2022   21:38 Diperbarui: 30 Oktober 2022   22:00 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

     Kita sering mendengar kata insecure bahkan merasakan insecure akhir-akhir ini. Sebenarnya apasih arti insecure itu? Menurut Atika Dian Ariana, SPsi., M.Sc. seorang dosen psikologi Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, mengatakan bahwa insecure adalah sebuah perasaan tidak aman, tidak mampu, tidak yakin terhadap kemampuan diri. Hal itu memicu rasa takut, cemas, dan emosi negatif lainnya. Insecure memiliki banyak dampak negatif terhadap kehidupan. Membiarkan perasaan insecure dapat menganggu kesehatan mental seseorang. Dilansir dari situs Halodoc jika perasaan insecure tidak segera diatasi  maka dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental seperti depresi, gangguan makan, dan masalah body image. Selain itu, membiarkan perasaan insecure dapat menganggu hubungan kita dengan orang lain.

               Lantas bagaimana cara mengatasi insecure? Beberapa cara untuk mengatasinya adalah:

1. Bersyukur

Kita harus senantiasa beryukur atas semua yang telah tuhan berikan kepada kita. Kita bisa memulai  bersyukur dari hal yang sederhana yaitu bersyukur karena masih bisa bernapas lega sampai saat ini.  Banyak di luar sana orang yang memperlukan tabung oksigen untuk bernapas. Ini merupakan salah satu cara yang sebenarnya mudah untuk kita lakukan tetapi kita sering melupakan bahkan menyepelekan rasa bersyukur ini.

2. Mengenal diri sendiri

Mengenal diri sendiri membuat kita lebih bisa mengontrol segala perilaku dalam diri, seperti mengontrol emosi. Cari tahu apakelebihan dan kekurangan yang terdapat dalam diri kita. Kita perlu mengenali diri sendiri sebelum bisa mencintai diri sendiri.

3. Mencintai diri sendiri/ self love

Self love penting ngga sih? Tentu saja penting, karena satu-satunya orang yang akan Bersama kita seumur hidup kita adalah diri sendiri. Lalu gimana sih cara mempraktikkan self love itu?Self love atau mencintai diri sendiri bisa dengan mudah kita lakukan ketika kita sudah melakukan cara yang ketiga yaitu mengenali diri sendiri. Setelah  bisa berkenalan dengan diri sendiri, mengetahui apa kelebihan dan kekurangan dalam diri, kita bisa dengan mudah mencintai diri sendiri.

Belajar menerima diri sendiri merupakan salah satu cara kita merealisasikan self love. Menerima dan memaafkan kesalahan yang sudah kita lakukan memang sulit, tetapi sesulit apapun itu kita pasti bisa melaluinya, kita harus bisa berdamai dengan diri sendiri.

Seperti petikan lagu "Diri" milik Tulus.

Bisikanlah terima kasih pada diri sendiri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun