Mohon tunggu...
Alfina Dewi arini
Alfina Dewi arini Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - berjadi pemuda yang sukses dalam berkarir, menjadikan pencipta alam sebagai satu-satunya dalam bersandar

terus berusaha, berikhtiar, dan berdoa karena semua didunia ini tidak ada yang tidak mungkin

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pendidikan Islam dan Stratifikasi Sosial

2 Desember 2021   10:49 Diperbarui: 2 Desember 2021   11:08 193 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

BAB I

PENDAHULUAN

 

  • Latar Belakang Masalah

Setiap perusahaan selalu memiliki rasa hormat tertentu terhadap hal-hal yang erhuungan dengan perusahaan. Menghargai eerapa hal akan menempatkannya jauh leih tinggi dari yang lain. Jika suatu masyarakat menghargai kekayaan materi di atas kehormatan maka mereka yang memiliki lebih banyak harta benda akan menempati posisi yang lebih tinggi daripada pihak lain. Hal ini menimbulkan kelas sosial (stratifikasi sosial) yaitu perbedaan vertikal kedudukan seseorang atau kelompok.

Ada berbagai bentuk stratifikasi sosial. Stratifikasi masih ada bahkan di komunis kapitalis demokratis dan sebagainya. Stratifikasi sosial ini sudah ada sejak manusia mengakui adanya kehidupan bersama dalam suatu organisasi sosial misalnya dalam masyarakat yang standar budayanya rendah. Untuk pemahasan yang leih jelas stratifikasi sosial akan kami jelaskan secara rinci pada bagian selanjutnya.  Stratifikasi sosial terjadi karena adanya perubahan-perubahan sosial yang diseakan oleh pendidikan atau pendalaman ilmu pengetahuan akibatnya pengetahuan individu bertambah yang dapat mengakibatkan naiknya kelas-kelas kelas sosial individu. Jadi kelas sosial mengacu pada pengetahuan individu kekayaan individu dan keturunan individu.  Dalam masyarakat Buddhis ada lima tingkatan kelas sosial menurut tingkat keturunan. Dalam Islam disebut kiai dan habib berdasarkan asal usulnya. Dan di Indonesia pada umumnya ada tingkatan-tingkatan berdasarkan perekonomian. Oleh karena itu berangkat dari permasalahan di atas penulis tertarik untuk memahami apa itu kelas sosial dan  berhubungan langsung dengannya.

B.  Rumusan Masalah  

  • Apa Pengertian Pendidikan Islam dan Stratifikasi Sosial?
  • Bagaimana konsep Stratifikasi dan Penyebabnya?
  • Sebutkan Contoh Mini Research?

C.  Tujuan Penulisan

  • Untuk mendeskripsikan Pengertian Pendidikan Islam dan Stratifikasi Sosial
  • Untuk Mendeskripsikan konsep Stratifikasi dan Penyebabnya
  • Untuk Mendeskripsikan Mini Research

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

  • Pengertian Pendidikan Islam
  • Dalam bahasa Indonesia istilah pemandu berasal dari kata “didik” dengan  awalan “pe” dan akhiran “an” yang berarti “tindakan” (hal cara dsb). Istilah instruksi berasal dari bahasa Yunani lebih tepatnya “pedagogi” yang berarti instruksi untuk anak-anak. Istilah tersebut kemudian diubah dalam bahasa Inggris menjadi “schooling” yang berarti perbaikan atau orientasi. Pada gilirannya istilah pelatihan menyiratkan arahan atau dukungan yang disengaja yang diberikan orang dewasa kepada siswa untuk menjadi dewasa. Dalam peristiwa lain pelatihan mencakup pekerjaan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok individu untuk mempengaruhi individu atau sekelompok individu untuk menjadi dewasa atau mencapai standar hidup dan bisnis yang lebih tinggi dari sudut pandang psikologis.
  • Pendidikan adalah pekerjaan sadar dan teratur untuk mengenali dan mengembangkan kapasitas seseorang untuk kekuatan kecerdasan karakter kehormatan dan kemampuan dunia lain ketat lainnya yang diperlukan tanpa bantuan orang lain masyarakat negara dan negara. Pelatihan tergantung pada hubungan antara guru dan siswa dengan tujuan akhir memuat siswa menempati tujuan pembelajaran. Koneksi komunikasi dapat terjadi di rumah sekolah dan iklim lokal. Pengajaran di sekolah bersifat formal instruktur seagai instruktur telah diatur sebelumnya secara formal instruktur sebagai guru telah diatur secara formal di rumah lembaga pendidikan pendidikan berfokus pada pengetahuan keterampilan dan kinerja sebagai guru dan dia juga telah berlatih memiliki kepriadian seorang guru.
  • Pendidikan Islam adalah pendidikan "Islam". Oleh karena itu pendidikan Islam adalah pendidikan yang berlandaskan pada ajaran Islam. Begitu juga dalam ajaran Islam sangat berwarna dan mendasari nilai-nilai dari keseluruhan proses pendidikan. Dari segi etika dapat dilihat bahwa pendidikan Islam terdiri dari  dua kata yaitu “pendidikan” dan “Islam”. Pengertian pendidikan juga sering disebut dengan berbagai istilah antara lain altaklim auteliyah altadib dan alriyadloh. Setiap istilah memiliki arti yang berbeda karena dalam konteks kalimat terdapat perbedaan penggunaan istilah tersbeut. Namun semua istilah tersebut memiliki arti yang sama dalam keadaan tertentu yaitu pendidikan. Menurut beberapa ahli pengertian pendidikan Islam adalah:
  • Ahmad Tafsir
  • “Ia mengartikan pendidikan Islam sebagai imingan seseorang kepada orang lain dalam rangka memaksimalkan perkembangan sesuai dengan ajaran Islam itu sendiri”.
  • Auddin nata
  • “Pendidikan Islam adalah upaya membimbing mengarahkan dan melatih peserta didik secara sadar dan terencana. Kepriadian utama harus dijaga dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai ajaran Islam.
  • Muhaimin
  • “Pada dasarnya ada dua jenis pendidikan Islam yaitu pendidikan Islam adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan keinginan dan niat untuk mewujudkan ajaran dan nilai-nilai Islam dalam agama. Pendidikan dan pendidikan Islam juga merupakan dikembangkan atau diilhami dan didorong oleh ajaran dan ajaran Islam Nilai-Nilai Islam itu sendiri.
  • Mohammad Fadhil alJamali
  • ” Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat diperlukan bagi manusia. Menurut Al-Qur’an pendidikan adalah suatu tindakan atau langkah manusia untuk mewujudkan tanggung jawabnya sebagai individu sehingga dapat berinteraksi dengan masyarakat dan alam. Dengan pendidikan manusia juga dapat mengetahui tentang manfaat alam. Hal ini harus dijaga dan dilestarikan sebagai bukti rasa syukur kepada seorang hamba yang bertugas untuk selalu dan hanya menyembah Penciptanya.
  • Ahmad Fuad al-Ahwani
  • “Pendidikan Islam adalah” upaya yang ditekankan secara khusus untuk mengembangkan fitrah (religius) peserta didik agar dapat memahami menghayati dan mengamalkan ajaran Islam dengan lebih baik”.
  • Naqui AlAttas
  • mengatakan bahwa tujuan pendidikan Islam adalah “Penting bahwa tujuan pendidikan adalah mengamil falsafah hidup. Jika pandangan mereka adalah Islam maka tujuannya adalah untuk membentuk manusia yang utuh. Dalam Dari sudut pandang Naqui Alattas tentu belum bekerja tetapi sudah mendunia. Definisi tersbeut mengatakan bahwa untuk mengendalikan semua kegiatan pendidikan harus mengarah pada nilai Kesempurnaan Kamil Gila atau manusia sempurna harus ditugaskan secara lengkap dan dirumuskan dengan jelas. indikator menurut jenis dan jenjang pendidikan untuk tujuan pengajaran sehingga dapat bekerja dan mudah diukur.
  • Ad. ArRohman Adullah
  • mengatakan ahwa “tujuan utama pendidikan Islam meliputi tujuan jasmani tujuan mental dan tujuan rohani”.
  • Saleh Adullah
  • mengklasifikasikan “tujuan pendidikan menjadi tiga bidang yaitu: materi-materi spiritual-spiritual dan spiritual-emosional”

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan