Mohon tunggu...
Alfina DityaSetyawati
Alfina DityaSetyawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Saya seorang mahasiswi semester 5 di sebuah perguruan tinggi Islam. Saya sering mengikuti berita terbaru yang sedang hangat dibicarakan.

Selanjutnya

Tutup

Music

Jejak Karir Boygrup Asal Korea Selatan

12 September 2022   10:10 Diperbarui: 12 September 2022   10:42 30 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos


Kpop atau korea pop adalah jenis  genre musik yang berasal dari negeri gingseng atau Korea Selatan. Mungkin sudah tidak asing lagi untuk mendengar kata Kpop saat ini. Banyak masyarakat Indonesia yang menyukai para penyanyi atau aktor yang berasal dari negeri gingseng tersebut. Mulai dari anak-anak, remaja, atau bahkan orang tua. 

Bukan tanpa alasan, banyak masyarakat yang tertarik dengan segala hal yang berasal dari Korea Selatan. Korea selatan memang terkenal dengan keseriusan mereka dalam memproduksi suatu drama atau mendebutkan penyanyi. 

Misal saja para penyanyi atau idol korea.
Bukan hal yang mudah untuk mereka memasuki dunia hiburan yang terkenal sangat rentan hancur. Mereka harus melewati masa traine yang bahkan mereka juga tidak tahu akan mendapat kesempatan untuk debut atau tidak. Ada yang hanya menjadi traine selama setahun namun ada juga sampai 3 tahun untuk mereka layak didebutkan.

 Meninggalkan keluarga dan harus tinggal di asrama bersama para traine yang lain. Berlatih dan berlatih seolah menjadi makanan pokok mereka sehari-hari. Terus mengembangkan skill adalah tugas mereka selama menjadi traine. 

Biasanya saat masih menjadi traine, agensi yang menaungi para traine tersebut akan mengadakan evaluasi mingguan atau bulanan untuk mengecek apakah kemampuan mereka bertambah atau justru menurun. Bangun pagi untuk sekolah kemudian siang hingga malam dihabiskan mereka untuk berlatih.

Mengurangi makan atau bahkan melakukan diet dari normal hingga ekstrem dilakukan untuk menjaga berat badan agar tetap ideal di depan lensa kamera. Jauh dari keluarga, teman hingga bahkan ada yang harus pindah sekolah adalah resiko yang pasti mereka tanggung karena keputusan yang mereka ambil untuk menjadi seorang entertaint di korea.

Idol korea yang berhasil debut dipastikan memiliki masa lalu yang bersih atau tidak pernah melakukan kejahatan seperti  melakukan tindak bullying. Karena idol korea adalah suatu pekerjaan yang perjalanan karirnya mudah hancur hanya karena permasalahan sepele. Semua idol korea dan penyanyi korea yang berhasil debut pasti memiliki kemampuan atau skill yang sudah luar biasa dan tidak perlu diragukan lagi. 

Meskipun begitu, saat sudah berhasil debut, harus tetap merintis karirnya dari nol. Mempromosikan lagu yang baru dirilis, berlatih, dan menggait hati para fans. Alasan banyak remaja yang mengidolakan idol korea selain karena tampan yaitu para idol benar-benar serius untuk menggapai impian mereka. Menjadi traine bukanlah hal yang mudah dan tidak semua orang mampu tetap gigih memperjuangkan impian yang masih belum pasti.

Contohnya salah satu boygrup korea yang namanya sudah dikenal di industri musik internasional adalah BTS. Boygrup yang terdiri dari 7 pemuda yang berasal dari desa di korea selatan ini, berhasil menjadi boygrup asal korea pertama yang mendapatkan nomisi Grammy. 

Bagi penyuka musik atau para pekerja industri musik pasti tidak akan asing dengan Grammy Award. Grammy award adalah peghargaan bergengsi yang diberikan oleh National Academy Of Recording Arts And Sociences di Amerika Serikat untuk mengakui prestasi luar biasa dalam industri musik. 

Dalam nominasi tersebut, BTS masuk dalam kategori Best Duo/Group Performance. Untuk mendapatkan nominasi tersebut, penyanyi harus mendaftarkan karya mereka yang tentunya sudah memenuhi syarat. Kemudian ada komite khusus untuk menyeleksi karya tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan