Mohon tunggu...
Baiq AlfinaRahma
Baiq AlfinaRahma Mohon Tunggu... Mahasiswa - pelajar

bahagia

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pentingnya Literasi

2 Juli 2022   13:03 Diperbarui: 2 Juli 2022   13:11 69 8 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

tarbiya al-ummu madrosatun iza a'dadtaha a'datta sya'ban thoyyiban a'raaq

"Orang yang berilmu akan dicari dimana-mana. Dunia dapat ahirat dapat. Allah sudah menjamin hal itu dalam Al-Qur'an surah Al-Mujadalah ayat 11. Dalam tarbiya al-ummu madrosatun iza a'dadtaha a'datta sya'ban thoyyiban a'raaq. Jika kita sekarang mempersiapkan ibu-ibu yang unggul, itu sama saja dengan kita juga mempersiapkan para generasi-generasi yang unggul pula. Karena yang akan lebih sering bersama sang anak adalah ibunya". Seorang mahasiswi itu diibaratkan sedang membangun tembok untuk rumahnya, harus pintar-pintar memilih bahan yang kuat karena jika tidak maka sebuah rumah tidak akan berdiri dengan kokoh dan tidak akan mungkin bertahan lama. Maka ketika menginginkan rumah yang seperti apa itulah dibentuk ketika menjadi mahasiswi ini.

Minat baca jika diungkapkan dengan kata-kata lain ialah literasi. Maka kata literasi yang sering ditemui adalah minat membaca. Adapun negara dengan minat membaca tertinggi ialah Finlandia. Di daerah Asia  negara dengan minat membaca tertinggi adalah Jepang, kemudian Singapura. Singapura dahulu adalah bagian dari negara Malaysia, akan tetapi ia dilepaskan pada 1992 karena dianggap menjadi benalu. Karena kemajuannya dalam literasi maka Singapura bisa menjadi negara maju. Dalam urusan membaca Indonesia berada pada urutan ke 60 dari 61 negara. Sedangkan jika dalam hal peringkat pengguna twitter indonesia berada dalam urutan pertama. Jika dilihat juga dalam data negara denagan tingkat kebahagiaan tertinggi adalah diraih oleh negara-negara yang memiliki tingkat membaca yang tinggi. Itulah janji Allah.

Janji Al-Qur'an benar, yang paling baik literasinya maka paling baik juga sa'adahnya. Maka jika kamu ingin membangun keluarga yang bahagia maka mulailah dengan iqro', mulailah dengan ilmu maka pasti akan bahagia.

Maka ada beberapa tokoh al imam Aththobari tokoh dari tafsir, umurnya hanya 57 tahun. Tapi selama 40 tahun hidupnya digunakan untuk membaca dan menulis. Yang beliau baca itu 100.000 hadits. Dalam tafsir beliau ada 38.000 hadits yang beliau gunakan untuk buku beliau.. Syeh nawawi pernah menulis buku 100 judul. Maka Trimurti ketika mendirikan gontor, Beliau berwasiat "menjadi mu'min, muslim, tamak ilmu, dan gandru perjuangan". Maka jika diantara panca jiwa berpengetahuan luas maka memang benar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan