Mohon tunggu...
Alfiaturrohmah
Alfiaturrohmah Mohon Tunggu... Alfi
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Lakukan sesuatu dengan niat

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Dimensi Ajaran Islam

9 Desember 2019   06:10 Diperbarui: 9 Desember 2019   06:27 0 0 0 Mohon Tunggu...

Sumber-sumber ajaran islam adalah sumber  atau sesuatu yang dapat dijadikan pedoman,acuan untuk menjalankan ajaran islam dengan baik, dan bisa menjadi hamba-hamba pilihan kelak. Pokok atau sumber yang dijadikan rujukan dalam islam, yaitu ada tiga: pertama, Al-quran yaitu sumber hukum pertama dan paling utama yang di gunakan untuk menentukan hukum dalam menjalani kehidupan.

Al quran diturunkan kepada nabi muhammad SAW di gua hira, assunah yaitu sesuatu yang disandarkan pada nabi muhammad SAW baik berupa ucapan, perbuatan, maupun ketetapan nabi. Ketiga, ijtihad yaitu kemampuan berfikir untuk mengeluarkan hukum syar'i dari hukum syara'.

Hal ini dilakukan apabila ketentuan hukum yang terjadi tidak terdapat pada al quran dan as sunah meskipun begitu tetap menjadikan al quran dan hadis sebagai pedoman utamanya, macam-macam ijtihad ada 7 yaitu:

1. Ijma'
2. Qiyas
3. Maslahah mursalah
4. Syudud dari'ah
5. Urf
6. Istihsab
7. Istihsan

Dimensi ajaran islam adalah cara yang dilakukan untuk melihat permasalahan yang terjadi di suatu kelompok atau seseorang dalam dunia islam. Dimensinya dibagi menjadi tiga yaitu

A. Aqidah= kepercayaan sesorang pada islam

B. syariah= jalan yang ditempuh manusia untuk menuju sang khaliq

C. Ahlaq= sikap, budi pekerti

Hubungan antara ketiganya yaitu sangat melengkapi karna jika aqidah tidak bersamaan dengan syariah, maka manusia akan kebingungan untuk menuju tuhannya, begitu pula akhlak yang harus dimiliki manusia karna manusia memerlukannya untuk berhubungan dengan tuhan, hubungan dengan sesama manusia, dan hubungan dengan alam sekitar.

VIDEO PILIHAN