Mohon tunggu...
Alfian Nur Falahul Rachmawan
Alfian Nur Falahul Rachmawan Mohon Tunggu... Ambil Risiko, Bermimpi Lebih Besar, dan Berharap Besar

Melakukan yang terbaik dan tetap berusaha

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pengertian Memori pada Manusia

22 Oktober 2020   12:29 Diperbarui: 22 Oktober 2020   13:31 252 2 0 Mohon Tunggu...

Pengertian memori  ialah fungsi yang terkait dalam proses mengenang masa lalu keseluruhan pengalaman yang akan diingat,dan pengalaman khas yang paling diingat. Pengertian tersebut memori dapat disimpulkan sebagai fungsi,pengalaman,informasi,dan spesifikasi. Memori menggunakan rekaman itu untuk melakukan kegiatan.

Manusia akan mengingat apa yang akan terjadi dan apa yang akan direncanakan. Sehingga semua itu merupakan bagian dari memori kita. Memori atau diartikan juga sebagai ingatan. Penelitian tentang memori manusia ialah kesimpulan yang akan diperoleh dari penelitiannya yaitu proses penurunan ingatan atau lupa terjadi paling cepat setelah memperoleh informasi dan masih akan berlangsung selama hari berikutnya.

Struktur ingatan dapat dibedakan menjadi bagian. Memori sensori akan mencatat informasi yang masuk melalui salah satu  kombinasi dari panca indra kita seperti mata,telinga,hidung,lidah,kulit. Bila hal tersebut tidak diperhatikan secara langsung akan terlupakan,namun bila diperhatikan maka informasi tersebut akan ditransfer ke sistem ingatan jangka pendek.

Sistem ingatan jangka pendek menyimpan informasi,dan hanya disekitar tujuh bongkahan informasi dapat disimpan dan dipelihara di sistem memori jangka pendek dalam suatu saat nanti. Memori sendiri merupakan tempat atau alat untuk menerima,mengelola,menyimpan pengalaman atau informasi ke dalam otak manusia dan akan dapat diambil kembali atau untuk mengingat kembali informasi tersebut. Memori dalam dunia terbagi menjadi tiga bagian,yaitu:

1. Memori sensoris ialah penyimpanan informasi yang diterima ingatan kita dari penerimaaan pancaindera kita merupakan proses penyimpanan informasi yang diproses melalui saraf ini dalam jangka waktu yang lebih pendek. Contoh untuk menggambarkan sesuatu memori sensoris ini cobalah untuk mematikan semua lampu diruang belajar sebentar,dekatkan jari tangan pada lampu diatas meja,kemudian buka mata sejenak dan tutuplah kembali mata anda.

2. Memori jangka pendek ialah suatu proses penyimpanan memori sementara, karena informasi yang disimpan hanya dipertahankan selama informasi itu masih dibutuhkan. Contoh dalam Mengingat nomor jalan atau rumah atau nomer handphone seseorang atau juga kerabat kita. Atau untuk mengingat nomor sendiri,biasanya dalam beberapa menit atau detik kita mampu mengingat nomor yang penting bagi anda, hal ini bersifat memori jangka pendek.

3. Memori Jangka panjang ialah proses untuk penyimpanan informasi yang permanen. Contoh pada memori yang untuk memuat atau berisikan tentang peristiwa dalam suatu kehidupan seseorang. Baik peristiwa dalam hal yang baik juga dalam hal yang buruk.

Lupa yaitu hilangnya kemampuan untuk memproduksi kembali apa yang sebelumnya para ahli mendefinisikan lupa sebagai ketidakmampuan seseorang untuk mengenal atau mengingat sesuatu yang pernah dipelajari atau dialaminya. jadi lupa bukanlah suatu peristiwa hilangnya sistem informasi dan pengetahuan dari akal kita. Faktor yang mempengaruhi lupa yaitu:

1.Obat-obatan tertentu seperti antidepresan,antihistamin,antikecemasan,obat penenang, obat tidur,dan obat pereda nyeri sesudah operasi dapat mengganggu akan hilangnya memori pada otak kita. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang sering lupa dikarenakan sulit mengingat memori yang telah hilang.

2. Kekurangan gizi ini juga dapat memicu penurunan daya ingat. Agar fungsi otak dan daya ingat kita dapat bekerjalah dengan semaksimal munkin, sehingga tubuh memerlukan sejumlah nutrisi, seperti protein,omega 3,serta vitamin,mineral dan sebagainya. Aneka nutrisi tersebut dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan pada tubuh kita.

3. Ketika kita mengalami depresi maka kondisi tersebut dapat menghalangi perhatian fokus,dan konsentrasi kita. Bukan hanya itu,depresi juga dapat memengaruhi daya ingat sehingga kemampuan Anda dalam mengingat menjadi lemah. Jika kita mengalami depresi yang mengganggu,untuk sesegera mungkin berkonsultasi kedokter.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x