Mohon tunggu...
Alfian Noor Prasetyo
Alfian Noor Prasetyo Mohon Tunggu... Trvl addict

Trvl addict

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

KKN UMM Kelompok 09 Lakukan Pemetaan Potensi Home Industry Desa Wonorejo

27 Januari 2020   23:00 Diperbarui: 27 Januari 2020   23:09 33 0 0 Mohon Tunggu...
KKN UMM Kelompok 09 Lakukan Pemetaan Potensi Home Industry Desa Wonorejo
dokpri


Mahasiswa KKN UMM Kelompok 09 Desa Wonorejo melakukan kunjungan untuk melakukan pemetaan potensi Home Industri yang berada di Desa Wonorejo Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Kegiatan kunjungan tersebut dilakukan pada hari Jumat, tanggal 24 Januari 2020 tepatnya di home industri tusuk sate, home industri ulat hongkong dan home industri konveksi pakaian muslim. Pemetaan potensi ini merupakan kelanjutan dari observasi awal yang dilakukan KKN kelompok 09, dari pemtaan tersebut dapat diketahui bahwa Desa Wonorejo  memiliki berbagai macam home industri seperti: home industri tusuk sate, home industri ulat hongkong dan home industri konveksi pakaian muslim. Pelaku home industri tersebut merupakan warga Desa Wonorejo sendiri dan dalam aktifitas produksinya melibatkan masyarakat-masyarakat yang ada di desa tersebut. Perlu diketahui bahwa bahan baku yang digunakan untuk produksi memanfaatkan potensi alam yang ada di desa tersebut. Atas adanya aktifitas home industri yang dilakukan oleh masyarakat Desa Wonorejo sendiri yang menggunakan bahan baku produksi dari potensi yang ada di Desa Wonorejo akan dapat memajukan perekonomian Desa Wonorejo, khususnya masyarakat yang terlibat langsung dalam aktivitas home industri.

Adannya pemetaan ini, menurut Farhan Karaman selaku Humas KKN UMM Kelompok 09, merupakan langkah yang baik karena dengan melakukan pemetaan  potensi home industri  kita dapat mengetahui secara langsung bahwa masyarakat Desa Wonorejo sudah mampu mandiri, hal itu dilatarbelakangi oleh adanya masyarakat yang mampu memanfaatkan potensi alam yang ada tanpa campur tangan pihak lain. Selain itu farhan juga menyampaikan bahwa pelaku home industri kedepanya bisa jauh lebih maju dengan catatan aktivitas produksi murni dilakukan oleh masyarakat Desa Wonorejo itu sendiri tanpa campur tangan  pihak lain. Lebih jauh lagi farhan menjelaskan bahwa kunjungan ini merupakan cara untuk melihat potensi desa yang ada untuk dapat dikembangkan kedepannya, hal itu sesuai dengan pesan dari  Drs. Moh. Jufri ST., MT, Selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN UMM Kelompok 09 menekankan untuk selalu menggali  potensi yang ada di Desa Wonorejo supaya dapat dikembangkan, karena dunia bisnis yang semakin hari juga semakin ketat sehingga  perlu adanya terobosan unuk mempertahankan Bisnis home industri yaitu harus:

1. Memiliki kemauan dan mimpi yang besar;
2. Memiliki perancangan dan strategi yang matang;
3. Memperlakukan pelanggan dengan baik;
4. Ada Inovasi dan kreativitas, dan
5. Bisa membangun koneksi  seluas-luasnya  dengan memanfaatkan media online.

Setelah dilakukan pemetaan oleh  tim KKN kelompok 09 UMM bahwa home industri  yang ada di desa wonorejo punya potensi untuk dikembangkan. Disisi lain dengan adanya kunjungan dalam rangka pemetaan ini  pelaku home industri yang ada di Desa Wonorejo menyambut  dan antusias dengan penuh asa kedepan home industri yang ada di Desa Wonorejo lebih baik dan berkembang kedepannya.  

VIDEO PILIHAN