Mohon tunggu...
Meirri Alfianto
Meirri Alfianto Mohon Tunggu... Insinyur - Seorang Ayah yang memaknai hidup adalah kesempatan untuk berbagi

Ajining diri dumunung aneng lathi (kualitas diri seseorang tercermin melalui ucapannya). Saya orang teknik yang cinta dengan dunia literasi

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Pilihan

Kalahkan Unggulan Ketiga, Anthony Ginting Akan Hadapi Chen Long di Semifinal Olimpiade Tokyo

31 Juli 2021   13:54 Diperbarui: 31 Juli 2021   14:29 681 19 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kalahkan Unggulan Ketiga, Anthony Ginting Akan Hadapi Chen Long di Semifinal Olimpiade Tokyo
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. Foto: sport.tempo.co

Indonesia masih menyimpan asa untuk merebut medali emas dari sektor tunggal putra bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020 setelah tunggal putra terbaik tanah air, Anthony Sinisuka Ginting berhasil mengalahkan pebulutangkis Denmark Anders Antonsen dengan rubber game 21-18, 15-21, dan 21-18.

Anthony Ginting yang pada gelaran Olimpiade kali ini menempati unggulan kelima secara luar biasa mampu menundukkan Anders Antonsen yang menempati unggulan ketiga. Pertandingan sendiri berjalan begitu alot dan mendebarkan. Kedua pemain terlihat mempunyai kemampuan seimbang. Pemirsa disuguhkan permainan kelas dunia yang amat enak untuk ditonton.

Antonsen memperlihatkan kematangannya. Ia tidak mudah mati sendiri. Pertahanannya pun sangat kuat. Beberapa kali pukulan smash Ginting berhasil dikembalikan dengan baik. Arah pengembaliannya pun menyulitkan. Antonsen menunjukkan perlawanan yang ulet. 

Sedangkan Anthony bermain taktis. Ia terlihat sabar. Tidak buru-buru ingin mematikan lawan. Ia sadar bahwa Antonsen belakangan memang sedang menanjak prestasinya. Antonsen saat ini sudah mengungguli kompatriotnya di tim Denmark, Viktor Axelsen. Ia kini menyalip Axelsen menjadi tunggal putra terbaik Denmark. 

Tetapi Anthony tidak terbawa permainan Antonsen. Dengan kecerdikannya, ia mampu mematikan Antonsen dan meraih poin satu demi satu. Smash silang, drop shot, dan netting menjadi strategi ampuh Anthony dalam mematikan lawannya kali ini.

Di babak pertama setelah menutup interval 11-8, Antonsen sempat menyamakan kedudukan 12-12. Tetapi kemudian Anthony berhasil menjaga keunggulan dan menutup tim pertama dengan skor cukup ketat 21-18.

Di babak kedua, perolehan Antonsen jauh meninggalkan Anthony. Ia menutup interval dengan skor 11-5. Meski sempat mendekati perolehan poin menjadi 14-16, Anthony tidak mampu membendung permainan Antonsen dan kalah 15-21.

Di babak ketiga nampaknya Antonsen akan memenangi pertandingan. Ia selalu unggul dalam perolehan poin dan menutup interval dengan skor 11-9. Tetapi Anthony bangkit dan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 14-14. Disinilah titik kebangkitan Anthony. Ia lalu mengungguli perolehan poin. Sempat match poin di angka 20-15, ia akhirnya menutup pertandingan dengan skor 21-18.

Pertandingan perempat final kali ini membuktikan kualitas seorang Anthony Ginting. Walaupun ia tinggal menjadi satu-satunya harapan di sektor tunggal putra setelah kekalahan Jonathan Christie, ia nampak tidak terbebani. Ia berhasil keluar dari tekanan sehingga berhasil menyajikan permainan yang apik. Ia pantas dipuji sebagai pemain kelas dunia.

Dengan kemenangannya atas Anders Antonsen maka Anthony Ginting berhak menjejak ke partai semifinal. Ia sudah ditunggu unggulan ke-6 asal China, Chen Long yang berhasil mengalahkan tunggal putra China Taipei sekaligus unggulan ke-2 Chou Tien Chen dengan rubber game 21-14, 9-21, dan 21-14. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN