Mohon tunggu...
Meirri Alfianto
Meirri Alfianto Mohon Tunggu... Seorang Ayah yang memaknai hidup adalah kesempatan untuk berbagi

Ajining diri dumunung aneng lathi (kualitas diri seseorang tercermin melalui ucapannya). Orang Teknik yang jatuh cinta dengan sastra adalah saya

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Hindari Penggunaan Sabun dan Sampo untuk Cairan Wiper Mobil Anda

27 Januari 2021   07:48 Diperbarui: 28 Januari 2021   18:01 1550 60 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hindari Penggunaan Sabun dan Sampo untuk Cairan Wiper Mobil Anda
Ilustrasi kaca mobil kotor. (sumber: angieslist.com via kompas.com)

Wiper merupakan komponen penting mobil pada waktu hujan. Seperti yang kita ketahui, wiper berfungsi untuk menyapu air pada kaca mobil supaya tidak menggangu pandangan saat anda berkendara. 

Nah ngomong-ngomong soal hujan, bulan Januari-Februari biasanya merupakan intensitas hujan tertinggi. Setidaknya beberapa waktu yang lalu BMKG sudah menyatakan hal tersebut. Seperti saat sekarang ini dimana intensitas hujan begitu tinggi. 

Bagi anda pemilik kendaraan roda empat, ada salah satu hal yang perlu diwaspadai kala musim hujan datang. Ini sederhana, namun sering kita lupakan. Yakni cairan wiper di penampungan atau yang lebih dikenal dengan washer reservoir

Jangan sampai karena lupa, tiba-tiba saat mau menyemprotkan wiper rupanya penampungan wiper kosong sehingga tidak keluar cairan. Bagaimana bila itu terjadi, cairan wiper habis? Sepertinya tidak ada masalah memang. Wiper mobil anda tetap akan berfungsi menyapu air yang turun pada kaca mobil. 

Namun menyapu kaca tanpa air wiper akan membuat kaca anda akan mudah berjamur. Air hujan itu mengandung kotoran. Kaca mobil anda juga mungkin berdebu. Ketika air hujan mengenai kaca, debu dan kotoran itu bisa menganggu pandangan pengemudi.

Mencampurkan sabun atau sampo pada kaca mobil, bolehkah?

Cairan wiper mobil (wiper fluid). Gambar: shutterstock
Cairan wiper mobil (wiper fluid). Gambar: shutterstock

Kaca mobil yang bersih akan membuat berkendara menjadi nyaman dan aman. Cara untuk menjaga kaca mobil agar tetap bersih adalah dengan menyemprotkan cairan dari nozzle wiper. Selanjutnya hanya tinggal memfungsikan wiper untuk menyapu atau membersihkan kaca mobil. 

Bukankah itu cara yang mudah? Persoalannya terkadang pemilik mobil kurang memahami fungsi pemakaian cairan wiper. 

Pemilik mobil banyak yang mencampurkan air dengan sabun atau sampo untuk mengisi wiper reservoir. Salahkah? Tidak. Hanya metode ini dirasa kurang aman mengingat kita tidak mengetahui kandungan yang terdapat dalam sabun atau samoo tersebut.

Dilansir dari kompas.com, sabun atau sampo memiliki kandungan deterjen yang berpotensi bisa merusak lapisan kaca, mengganggu kejernihan kaca, hingga merusak karet.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x