Mohon tunggu...
Meirri Alfianto
Meirri Alfianto Mohon Tunggu... Seorang Ayah yang memaknai hidup adalah kesempatan untuk berbagi

Ajining diri dumunung aneng lathi (kualitas diri seseorang tercermin melalui ucapannya). Orang Teknik yang jatuh cinta dengan sastra adalah saya

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Ingat, Mobil Sudah Tidak Perlu Dipanasi Lagi

17 Januari 2021   16:59 Diperbarui: 17 Januari 2021   21:01 11086 78 19 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ingat, Mobil Sudah Tidak Perlu Dipanasi Lagi
Ilustrasi memanasi mobil. Sumber gambar: doityourself.com yang diolah kembali oleh kompas.com

Mungkinkah dari pembaca sekalian masih memiliki kebiasaan memanasi mobil sebelum digunakan? Biasanya diwaktu pagi hari atau ketika mobil sudah lama tidak digunakan. 

Topik ini sebenarnya bukan topik yang baru. Sudah sering diulas di media-media ternama termasuk Kompas. Namun ada dua situasi yang mendorong saya untuk kembali menuliskan topik ini.

Situasi #1 di lingkungan tetangga

Para tetangga masih sering melakukan ritual memanasi mobil sebelum digunakan. Ternyata banyak dari bapak-bapak atau para suami yang belum mengetahui tentang pemanasan mobil. Padahal kendaraan mereka tergolong baru atau usia muda.

Situasi #2 di lingkungan kerja

Banyak dari rekan-rekan ketika dalam suatu obrolan yang mengatakan kebiasaan memanasi mobil masih berjalan hingga saat ini. Bahkan kebiasaan itu mereka lakukan setiap pagi ketika hendak berangkat kerja.

Dari kedua situasi diatas saya menyimpulkan ternyata masih banyak yang belum mengerti benar. Sebenarnya masih perlukah? Saya akan mencoba menuliskan kembali dengan bahasa saya sendiri. Tentunya dengan mengambil referensi dari sumber yang terpercaya.

Memanasi mobil memang agaknya sudah menjadi ritual turun-temurun. Mungkin ketika kita masih kecil, kita sering melihat orangtua kita atau kakek-nenek kita melakukan pemanasan mobil sebelum digunakan. Apa fungsinya? Supaya oli bisa naik ke bagian mesin dan melumasi mesin. 

Istilahnya, pelumasan mesin. Mobil dipanasi 3 sampai 5 menit untuk memberikan waktu pada pelumas supaya bisa menjangkau ke seluruh permukaan mesin bahkan dibagian yang sulit dijangkau sekalipun. 

Tapi itu dulu. Mobil-mobil zaman dulu memang tidak dilengkapi dengan teknologi secanggih sekarang sehingga memanasi mobil merupakan hal lumrah. Bukan cuma lumrah, tetapi wajib dilakukan. Namun sekarang, memanasi mobil hanya akan membuang-buang waktu dan bahan bakar. 

Sayang kan, BBM terbuang percuma akibat memanasi mobil setiap hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN