Mohon tunggu...
Meirri Alfianto
Meirri Alfianto Mohon Tunggu... Seorang Ayah yang memaknai hidup adalah kesempatan untuk berbagi

Ajining diri dumunung aneng lathi (kualitas diri seseorang tercermin melalui ucapannya). Orang Teknik yang jatuh cinta dengan sastra adalah saya

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Bagaimana Jika Pasangan Bekerja dalam Satu Perusahaan?

14 Januari 2021   10:45 Diperbarui: 14 Januari 2021   10:47 203 52 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagaimana Jika Pasangan Bekerja dalam Satu Perusahaan?
Drama Korea"start up". Tokoh Nam Do San dan Seo Dal Mi berpacaran dalam satu perusahaan. Gambar: kumparan.com

Sudah menonton Drama Korea berjudul "Start Up" belum? Drama yang satu ini sempat booming beberapa waktu yang lalu. Drama ini sukses mendapatkan rating yang tinggi. Di Indonesia sendiri, drama ini menjadi pembicaraan hangat bagi para penggemar drama Korea. Oleh media-media online juga sering dijadikan bahan berita. Di Kompasiana sudah ada beberapa Kompasianer yang sempat mengulas drama ini. Beberapa tulisannya bahkan terpilih sebagai artikel utama. Karenanya saya tidak akan secara khusus masuk untuk mengulas tentang drama tersebut. Secara singkat saja, kisah ini merupakan kisah perjuangan sekelompok anak muda yang merintis berdirinya perusahaan start up hingga meraih kesuksesan. Dibumbui dengan kisah cinta segitiga antara tiga pemeran utama yang membuat drama ini menjadi semakin menarik. Ketiga karakter tersebut ialah Seo Dal Mi yang diperebutkan oleh dua pemuda ganteng bernama Nam Do San dan Han Ji Pyeong. Tapi oke, saya tidak akan lebih jauh membahas dari sisi entertainnya. Saya tertarik dengan drama percintaan antara Nam Do Dan dan Seo Dal Mi. Mereka tergabung dalam sebuah tim yang berjuang bersama untuk membesarkan perusahaan. Tentunya dengan penuh lika-liku nan inspiratif. 

Menariknya, status mereka itu berpacaran. Kok menarik? Ya, karena pasangan dalam satu perusahaan saja itu sudah menjadi sorotan. Apalagi ini dalam satu tim. Itu fenomenal menurut saya. 

Di akhir cerita, kita tahu bahwa akhirnya mereka sukses dan menikah. Perusahaan yang mereka rintis menjadi perusahaan besar yang memiliki banyak pegawai. Mereka menjalankan perusahaan sebagai suami istri. Seo Dal Mi sebagai CEO (Chief Executive Officer), sedangkan Nam Do San sebagai CTO (Chief Technology Officer).

Bagaimana dengan dunia nyata dalam pekerjaan?

Pasangan bekerja dalam satu perusahaan sebenarnya juga banyak terjadi di Indonesia. Entah apakah masih dalam masa pacaran atau sudah menikah. Ini bukan hal yang baru. Bukan pula mengherankan bila kita menemukan ada pasangan dalam satu perusahaan. Bagaimana aturannya?

1. Membangun hubungan (pacaran) dalam satu perusahaan biasanya diperbolehkan.

2. Bila pasangan memutuskan untuk menikah, maka tidak boleh berada dalam satu bagian. 

3. Suami atau istri dipindahkan ke bagian lain atau perusahaan lain yang masih dalam satu grup perusahaan.

4. Bila masih dalam satu perusahaan, suami dan istri tidak boleh berada di bagian yang punya keterkaitan yang erat. Contohnya Engineering dengan Quality.

5. Untuk suami istri yang tidak dalam satu perusahaan, ketika salah satu ingin bergabung maka tidak diperkenankan.

Kelima aturan diatas tentu saja berbeda-beda tergantung dari kebijakan perusahaan masing-masing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN