Mohon tunggu...
Meirri Alfianto
Meirri Alfianto Mohon Tunggu... Seorang Ayah yang memaknai hidup adalah kesempatan untuk berbagi

Ajining diri dumunung aneng lathi (kualitas diri seseorang tercermin melalui ucapannya). Orang Teknik yang jatuh cinta dengan sastra adalah saya

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Sudah Musim Hujan Jangan Lupa Cek Wiper Kaca Mobil

16 November 2020   06:30 Diperbarui: 16 November 2020   13:42 542 56 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sudah Musim Hujan Jangan Lupa Cek Wiper Kaca Mobil
Wiper kaca mobil. Gambar: diolah oleh Dibjo dari Pixabay.

Musim hujan telah tiba. Diprediksi pada bulan Desember hujan akan makin sering turun dengan lebat. Bagi anda yang memiliki mobil pribadi wajib melakukan pengecekan kendaraan khususnya yang berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan berkendara di waktu hujan. 

Salah satu fitur yang perlu dicek adalah kondisi wiper kaca mobil. Anda tak boleh meremehkan fitur yang satu ini karena fitur ini sangat penting dalam membantu anda menjaga pandangan anda tetap jelas walaupun berkendara disaat hujan turun. Apalagi jelang libur akhir tahun. 

Mungkin anda sudah merencanakan untuk pulang kampung seperti saya. Atau merencanakan liburan keluar kota. Maka kendaraan wajib dalam kondisi prima. 

Cek kondisi oli, aki, ban, AC, dan tentu saja wiper mobil tidak boleh terlewat. Anda tentu tidak mau kan agenda keluarga terganggu karena kondisi kendaraan yang bermasalah.

Oke baiklah, artikel ini akan secara khusus membahas mengenai wiper mobil. Mari kita mulai dengan fungsi wiper dalam mobil anda. Ya, wiper berfungsi untuk menghalau air yang turun ke kaca mobil yang akan menganggu pemandangan pengendara. 

Karena bila pemandangan pengendara terganggu akan membahayakan bagi pengendara maupun penumpang yang ada didalam mobil. Sehingga wiper berkaitan erat dengan keamanan (safety) pada saat berkendara. Lalu bagaimana cara praktis untuk mengetahui Wiper sudah saatnya diganti? Coba perhatikan hal-hal berikut.

1. Sapuan wiper meninggalkan garis.

Coba anda perhatikan ketika wiper menyapu air yang turun membasahi kaca mobil. Tak perlu menunggu hujan turun, coba saja dengan mengeluarkan air wiper. Ketika wiper mengusap air tersebut dan hasilnya permukaan kaca menjadi bergaris maka sudah saatnya ganti. 

Seharusnya usapan wiper tidak menyisakan mata air. Bergaris akan membuat pandangan menjadi blur. Ini tentu berbahaya. Tidak hanya depan, pandangan kiri-kanan bisa jadi tidak jelas.

2. Ada bunyi berdecit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN