Mohon tunggu...
Alfian Ardiansyah
Alfian Ardiansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Jangan putus asa walaupun pernah gagal

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Jadikan Allah Satu-satunya Pelindung dan Penolong bagi Kehidupan

7 Desember 2021   19:54 Diperbarui: 7 Desember 2021   19:56 51 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Serahkan segalanya kepada Allah, percaya padanya, percaya sepenuhnya pada janji-Nya, puas dengan apa yang telah dia lakukan, berbaik hati padanya, dan dengan sabar menunggu bantuannya. beriman. Ketika seorang hamba dengan tenang meyakini bahwa apa yang akan terjadi adalah baik untuknya, dan dia memberikan segalanya kepada Tuhannya, maka dia akan diawasi, dilindungi, dicukupi dan ditolong oleh Allah.

Syahdan, ketika Nabi Ibrahim a.s. dilemparkan ke dalam api, dia berkata: "Hasbunalldh wa ni'mal wakil", dan kemudian Allah membuat api yang panas menjadi dingin seketika. Abraham tidak dibakar sampai mati.

Inilah yang dilakukan oleh Nabi dan para sahabatnya. Ketika mereka menerima ancaman dari orang-orang kafir dan musyrik, mereka juga akan mengatakan: "Hasbunallah wa ni'mal wakil".

{(Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung. Maka mereka kembali dengan nikmat dan karunia (yang besar dari) Allah, mereka tidak mendapat bencana apa-apa, mereka mengikuti keridhaan Allah. Dan, Allah mempunyai karunia yang besar.} (QS. Ali 'Imran: 173-174)

Manusia tidak akan pernah mampu melawan setiap bencana, menaklukkan setiap derita, dan mencegah setiap malapetaka dengan kekuatannya sendiri. Sebab, manusia adalah makhluk yang sangat lemah. Mereka akan mampu menghadapi semua itu dengan baik hanya bila bertawakal kepada Rabb-nya, percaya sepenuhnya kepada Pelindungnya, dan menyerahkan semua perkara kepada-Nya. Karena, jika tidak demikian, jalan keluar mana lagi yang akan ditempuh manusia yang lemah tak berdaya ini saat menghadapi ujian dan cobaan?

{Dan, hanya kepada Allahlah hendaknya kamu bertawakal jika kamu benarbenar beriman.} (QS. Al-Ma'idah: 23)

Wahai orang-orang yang ingin membangunkan dirinya, percayalah pada orang terkuat dan terkaya, karena dia memiliki kekuatan yang besar. 

Artinya, jika Anda ingin keluar dari masalah dan selamat dari bencana. Jadikan "hasbunallah wa ni'mal wakil" sebagai simbol dan motto yang selalu mengiringi langkahmu dalam menjalani hidup. Jika hartamu sedikit, hutangmu besar, sumber kehidupanmu habis, dan hidupmu terhenti, engkau bisa mengadu tentang Tuhanmu sambil berkata: "Wakil Hasbunallah wa ni'mal."

Jika Anda takut dengan umat Islam, khawatir diperlakukan oleh orang yang salah, atau khawatir akan bencana, katakan ini dengan tulus:

"Perwakilan Hasbunallah wa ni'mal."

{Dan, cukuplah Rabb-mu menjadi Pemberi Petunjuk dan Penolong.} (QS. Al-Furqan: 31)

Referensi : Dr. 'Aidh al-Qarni, Jangan Bersedih, Qisthi Press, Jakarta, 2013

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan