Linda Alfia
Linda Alfia Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa komunikasi penyiaran islam

Terus berjuang untuk menggapai impian

Trip

Liburan yang Tidak Terduga

15 Oktober 2019   21:06 Diperbarui: 15 Oktober 2019   21:06 19
Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Pada saat libur panjang di semester 6, aku hanya bisa diam di rumah, dikala itu aku tinggal bersama saudara dari abg mama ku di Aceh, sedangkan mama dan papa ku sudah pulang ke Jawa sejak 2 tahun yang lalu.

Aku selalu memikirkan org tua ku di Jawa, selalu ingin menyusulnya ke sana, namun tidak pernah tercapai. Sampai aku menangis bila mengingat keluarga ku yang di Jawa.

Dulu semua keluarga ku ngumpul di Aceh, sambil menjalankan bisnis keluarga, namun ketika tidak ada satu pun dari keluarga ku yang ingin meneruskan bisnis itu, semua keluarga ku memutuskan pindah ke Jawa.

Libur kuliah sangatlah panjang, sampai hampir 4 bulan libur semester kali ini. Aku pun mulai bosan dalam libur ku yang hanya terdiam di rumah sudara ku itu, lalu aku mulai memikirkan cara bagaimana agar aku bisa pulang kejawa untuk menyusul keluargaku di sana.

Dan akhirnya aku membicarakan masalah ini kepada saudara ku, dan alhasil aku di bantu oleh abang mama ku agar aku dapat pulang ke Jawa. Tidak hanya abang mama ku, namun adik dari mama ku juga membantu memngirimkan beberapa uang ke kartu ATM ku.

pada tanggal 25 juni 2019 aku di belikan tiket trevel oleh abg mama ku, dan keberangkatan ku pertama kali yaitu tujuan Aceh-Medan menaiki mobil trevel pada tanggal 26 Juni 2019, dan setelah 1 hari 1 malam aku sampai di Medan, kemudian melanjutkan perjalanan Medan-Jambi dengan bis antar provinsi.

Perjalanan hampir sama, 1 hari 1 mlm aku tiba di Jambi, berhubung aku baru pertama kalinya liburan sangat jauh, dan aku tidak tau daerah luar, lalu ketika aku tidak tau harus turun di daerah mana, aku pun menelfon adik mama ku, memberikan informasi mengenai keberadaanku panjang lebar melalui telepon, kemudian setelah sudah dekat antara posisi bis dan posisi saudaraku menunggu, kemudian bis yang aku naiki di stop oleh saudara ku.

Pada tanggal 27 Juni - 3 Juli 2019 aku menginap di rumah adik mama ku yg di Jambi. Daerah yang di penuhi kebun sawit di kiri dan kanan jalan, di mana jaringan susah di dapat, di tambah aliran listrik yang minim dan sering mati lamu. Sungguh itu membuat ku merasa sangat tidak terbiasa dengan hal itu.

Setelah hampir 1 minggu aku di jambi, pada tanggal 4 Juli 2019 aku melanjutkan perjalanan ku ke Jakarta, di mana aku menaiki pesawat dengan waktu 1 jam perjalanan dari Jambi-Jakarta. Setiba di Jakarta aku pun di jemput oleh sepupu ku, namanya Eko Patrio. Aku sering memanggil dek Eko, dia anak dari adik mama ku.

Di jakarta sangatlah besar, di penuhi gedung-gedung tinggi, jalan yang macet, dan kabut asap selalu memenuhi udara sekitar. Jakarta di penuhi kuliner yang beraneka ragam, banyak tempat wisata dan tempat yang bersejarah.

Pada tanggal 5 Juli 2019 aku di ajak dek Eko keliling Jakarta. Ada 1 adik sepupu ku juga ikut, kami bertiga. Mulai dari Monas (monumen nasional Indonesia), musium kota tua, musium tradisional Indonesia, musium manusia purba, dan terakhir ke lobang buaya. Banyak sekali tempat yang kami kunjungi pada saat itu, sampai kami lelah berjalan kasana kemari. Hingga menjelang mlm, kami pun bergegas pulang.