Mohon tunggu...
Hobi

Ide Membuat Spot Bersantai di Lahan yang Sempit

3 Oktober 2018   11:14 Diperbarui: 5 Oktober 2018   10:42 351 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ide Membuat Spot Bersantai di Lahan yang Sempit
ide-membuat-spot-bersantai-di-lahan-yang-sempit-jpg-5bb441746ddcae6ce9391563.jpg

Ruang terbuka acap kali dapat diandalkan sebagai tempat melepas lelah. Karena itulah kita cenderung untuk menata area outdoor agar tampak menenangkan. Baik dengan menghadirkan taman, patio atau sekadar spot untuk bersantai. Jika tersedia lahan yang cukup, tentu tidak masalah menghadirkan ruang bersantai. Kendala akan ditemui jika lahan dianggap terlalu sempit sehingga tampak mustahil untuk mewujudkannya. Simak, yuk, berbagai kiat untuk menyiasatinya! 

Area bersantai outdoor biasanya berada di halaman belakang. Selain lebih private, area belakang rumah juga cenderung lebih tenang sehinga cukup mendukung untuk dijadikan spot bersantai. Roofop dan balkon dapat dijadikan tempat alternatif jika halaman belakang tidak tersedia. Selama masih bisa mewadahi furnitur, luas ruang tertentu bukanlah syarat yang mutlak. Namun semakin luas, semakin baik. Dari prinsip inilah kita dapat memaksimalkan luas ruang dengan penataan ulang. Cara paling tepat tentu saja dengan memindahkan objek-objek yang semula memenuhi lantai. Pot-pot tanaman dapat kita tempatkan secara vertikal di dinding dengan membuat rak tanaman. Penempatan di pojok dan di tepian ruang juga dapat memberikan kesan lebih luas. Jika terdapat pot atau tanaman berukuran besar, kita harus rela menggantinya dengan ukuran yang lebih kecil. Teknik mengantung juga dapat menjadi alternatif penempatan tanaman yang tak kalah efsien. Jika spot bersantai berada di balkon, kita dapat memanfaatkan railing atau pagar balkon sebagai tempat memajang tanaman. 

ide-membuat-spot-bersantai-di-lahan-yang-sempit-2-5bb4420e677ffb6a3f07cd32.jpg
ide-membuat-spot-bersantai-di-lahan-yang-sempit-2-5bb4420e677ffb6a3f07cd32.jpg
Pot-pot berukuran kecil juga dapat menjadi hiasan cantik di atas meja, digantung langsung di dinding atau jadi penghias privacy screen. Untuk kesan yang lebih rapi, kita dapat menyatukan seluruh tanaman dalam satu garden bed. Tempatkan garden bed di bagian tepi ruang. Dekorasi ruang punya pengaruh signifkan dalam memberikan efek relaksasi. Pilih gaya dekorasi casual yang memberikan efek rekreasional seperti gaya resort. Gunakan bantalan atau matras pada furnitur agar aktiftas bersantai semakin nyaman. Sebaiknya matras pada furnitur dapat dipasang dan dilepas dengan mudah untuk memudahkan perawatan serta menghindarinya dari tampias hujan. Cushion dengan sarung bermotif unik akan menambah kualitas spasial pada area bersantai Jenis furnitur dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran ruang. Kita dapat memilih jenis sofa, bangku, coffee table hinga lounge chair. Pastikan material yang digunakan serta fnishingnya tahan terhadap cuaca. Porch swing dan hammock dapat menghadirkan suasana rekreasional serta membuat aktivitas bersantai semakin seru. Tambah elemen dekorasi seperti karpet pada lantai hinga lighting berupa bulb string lights agar ruang bersantai lebih cozy sekaligus romantis. Backup sumber listrik cadangan berupa genset perkins juga perlu di siapkan. Hal ini ditujukan untuk menjaga kenyamanan aktifitas di rumah bila sewaktu waktu terjadi pemadaman listrik dari PLN

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x