Mohon tunggu...
Alfi Muna Syarifah
Alfi Muna Syarifah Mohon Tunggu... Penulis - Writer

Sarjana Sastra

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Drama Queen Putri Candrawathi

17 November 2022   09:59 Diperbarui: 17 November 2022   10:21 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Putri Chandrawathi saat melakukan rekonstruksi pembunuhan Brigadir J -Kompas.com

Putri Candrawathi (PC) selalu mengundang tawaan dan kernyitan dahi. Dari sidang pertamanya, banyak kejanggalan aksi PC yang membuat Warganet semakin geram. Bahkan, PC dituding menjadi dalang utama dan penyebab Ferdy Sambo (FS) akan dieksekusi hukuman mati berkat dramanya. Bayangkan,  sampai saat ini PC masih bisa bersolek rapi dengan barang branded level pejabat. Sementara, FS sering berwajah suram dibalut pakaian oren bekas para tahanan.


 Berikut drama PC yang paling viral:

1.Muji Brigadir J
Sebelum dibunuh, PC pada Minggu (3/7/2022) sempat memuji Brigadir J yang tengah sibuk menyetrika untuknya.
Kata Reza adik Brigadir J yang dikirimi foto kakaknya oleh PC, ia baru pertama kali melihat almarhum menyetrika. Reza melanjutkan ceritanya: PC memuji sang kakak dengan kata 'luwes' dan 'rajin' banget. Seolah PC sangat mengagumi kerja Brigadir J sampai bingung akan diberi gaji berapa.

Melalui kesaksian Reza (28/10/2022) di PN Jakarta Selatan ini, terbaca betapa dekat hubungan PC dengan Brigadir J dan keluarganya.
Lantas, apa motif pembunuhannya?

2.Diam 40 hari
Teka-teki PC membuat semua kebingungan. 40 hari setelah dibunuhnya Brigadir J (8/7/2022), PC diam tanpa kata dan mengindari media. Banyak yang menilai sikapnya sebagai bukti nyata lari dari tanggung jawab dan sadis setelah melakukan pembunuhan bersama FS, suaminya.

Alih-alih tanggung jawab, PC justru membuat laporan palsu yang mengatasnamakan diri sebagai korban pelecehan seksual dan didakwa menyuap uang tutup mulut kepada para ajudan FS atas kolaborasi perintah rencana pembunuhan yang digagas rapi.

3.Ngotot jadi korban pelecehan
Setelah dicecar 80 pertanyaan di Bareskrim Polri (26/8/2022), PC tetap ngotot mengeklaim diri sebagai korban pelecehan meski alur ceritanya bergonta-ganti setiap persidangan. Kasus ini viral pertama kali dengan dakwaan pelecehan yang dilakukan Brigadir J kepada PC.
Namun, seiring berjalannya persidangan muncul dakwaan baru bahwa PC memiliki hubungan spesial dengan Kuat Ma'ruf sopir pribadi sekaligus ART-nya. Hubungan spesial ini terpergok oleh Brigadir J yang saat itu tengah hadir di TKP. Dengan ini, Warganet mendakwa bahwa mereka berdua menyusun cerita fiktif untuk membungkam Brigadir J agar posisi keduanya aman di sisi FS dan publik.

Pakar mikro ekspresi juga diherankan dengan PC yang tiba-tiba meminta maaf kepada orang tua Brigadir J. Handoko Gani menilai seharusnya yang dilakukan PC sebagai korban pelecehan, yaitu pantang minta maaf. Umumnya, korban menuntut keras keadilan atau menangis histeris jika memang benar menjadi korban pelecehan. Sikap PC pada sidang pemeriksaan PN Jakarta Selatan (1/11/2022) justru menenggelamkan diri yang menjadikan keluarga Brigadir J semakin curiga dan tidak percaya dengan tindakan kotor anaknya terhadap PC.

Warganet tambah dihebohkan dengan rekaman video yang menguntit PC sedang mencolek salah satu hakim yang mengelilinginya saat ia duduk di kursi pesakitan. Sebenarnya, siapa yang menjadi korban pelecehan seksual?

4.Berkali-kali tidak mengerti
Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah membacakan dakwaan terhadap PC di kursi pesakitan PN Jakarta Selatan, Senin (17/10/2022). Namun, PC mengaku tidak mengerti dengan dakwaan tersebut saat ditanya oleh Ketua Majelis Hakim Wahyu Iman Santoso.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun