Mohon tunggu...
Alfenda Nafiah
Alfenda Nafiah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Seni

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Sudahkah Konsep Masyarakat Madani di Indonesia Berjalan Baik

28 November 2022   01:25 Diperbarui: 28 November 2022   01:28 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) masyarakat madani adalah masyarakat yang menjunjung tinggi norma, nilai nilai, hukum.masyarakat madani ini adalah sebuagh konsep yang palingg di dambakan setiap negara termasuk Indonesia. 

Masyarakat madani adalah konsep masyarakat yang beradab memiliki moral yang baik dan bisa menjunjung tinggi norma, nilai nilai dan hukum yang ada, dengan penguasaan ilmu teknologi dan iman. 

Konsep masyarakat madani di beberapa negara khususnya negara indonesia mewujudkan sebuah konsep untuk masyarakat madani agar mereka mempunyai kewajiban dan kebebasan setiap orangnya dalam bermasyarakat. 

Gerakan membangun masyarakat madanidi Indonesia adalah salah satu pilihan agar negara dan bangsa Indonesia memiliki suatu tujuan. Istilah masyarakat madani sudah tidak asing terdengar di telinga. Istilah madani ini sudah ada dan sudah diciptakan 1 abad yang lalu di kota Madinah. kota 

Madinah adalah salah satu kota yang pernah diperntah oleh rosulullah. Kepemimpinan rosulullah pada saat itu sangatlah luar biasa. Jumlah penduduk di Madinah meningkat drastis, masyarakatnya menjadi masyarakat yang adil, damai, Makmur dan sejahtera. Bahkan keberhasilan tersebut telah diakui oleh beberapa pihak. 

Bahkan hingga jejaknya tetap terlihat hingga sekarang ini. Dalam sejarah ini kita dapat menyimpulkan bagaimana cara untuk membangun bangsa dengan baik dan benar dari sudut pandang manusia dan masyarakat seutuhnya. Dalam konsep masyarakat madani warga negara saling membangun ikatan sosial, solidaritas antar sesama masyarakat, saling membantu dan mentoleransi sesame masyarakat.

Semua nilai nilai tersebut sebenarnya adalah bersifat universal dan luas, namun belum dijalankan atau sulit dijalankan. Nabi Muhammad menjelaskan konsep konsep tersebut kepada para sahabat sahabatnya. Nabi Muhammad menjelaskan bahwa konsep konsep tersebut menjelaskan tentang kesabaran, keadilan, kejujuran, keikhlasan.

Namun sayangnya konsep masyarakat madani di Indonesia tidak seperti konsep masyarakat madani di Madinah tempo lalu. Konsep masyarakat madani di negeri ini masih terbilang semu. Semu disini di artikan belum nyata dan belum terlihat kuat.

Dilinsir dari web Gramedia.com/ literasi/masyarakat-madani/ pengertian masyarakat madani menurut para ahli

1.Hefner 

Hefner mengungkapkan bahwa masyarakat madani adalah sebuah konsep masyarakat yang mempunyai ciri khas demokratis masyarakat madani juga lebih heterogen

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun