Mohon tunggu...
Alfatichah Okvanda putri
Alfatichah Okvanda putri Mohon Tunggu... tugas kuliah

Demi masa depan yang lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Taman Baca Desa Boto untuk Generasi Muda Giat Membaca Bersama Mahasiswa KKN 54 UNS dan Masyarakat Setempat

9 Maret 2021   16:50 Diperbarui: 9 Maret 2021   17:43 70 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Taman Baca Desa Boto untuk Generasi Muda Giat Membaca Bersama Mahasiswa KKN 54 UNS dan Masyarakat Setempat
dokumentasi pribadi

Kamis, (18/02/2021) mahasiswa KKN Universitas Sebelas Maret (UNS) kelompok 54 yang ditugaskan di Dusun Boto, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.  Untuk mendirikan Taman baca  untuk meningkatkan daya Literasi dan gemar membaca bagi anak-anak .

Taman baca ini sebelumnya di inisiasi oleh Karang Taruna Desa Boto dan Kepala Desa Boto Ibu Sri Rejeki.

Dengan berjalannya waktu Mahasiswa KKN UNS kelompok 54 bekerja sama dengan Karang Taruna Desa Boto untuk mendirikan Taman Baca, Lokasi Taman Baca sudah disediakan dari Pihak Desa Boto yang berada di Kantor Desa Boto dengan luas ruangan yang minimalis dan nantinya dapat bermanfaat bagi warga Desa Boto.

Alfatichah Okvanda P, Ketua Kelompok 54 KKN UNS menuturkan, "Pendirian Taman baca ini dilatarbekangi oleh  keinginan yang kuat untuk meningkatkan budaya literasi di wilayah Desa Boto. Bukan hanya membaca , insyaallah kedepannya di Taman Baca Desa Boto ini masyarakat dan anak-anak dapat memanfaatkan fasilitas dengan baik dan menambah wawasan bagi generasi muda Desa Boto. Saya sangat Berterima kasih kepada semua pihak yang ikut mensukseskan dalam mendirikan Taman Baca ini, semoga berkah dunia dan akhirat".

Dalam Penyerahan Taman baca (22/02/2021) ini dihadiri oleh Kepala Desa Boto Ibu Sri Rejeki dan Perangkat Desa lainnya.

"Untuk pertama kali mengadakan taman baca itu agar generasi muda gemar membaca. Tentunya saya tambah senang dengan adanya support dari adek KKN, akhirnya pembangunan Taman Bacaan bisa terwujud dan mudah - mudahan kedepannya masyarakat desa Boto jadi gemar membaca dan apalagi ditambah dengan ruangan yang bagus dan minimalis, saya tambah senang dan mudahan dapat bermanfaat. Dan dengan kreativitas adek - adek KKN dapat menambah semangat anak - anak warga boto untuk banyak membaca dan tidak hanya bermain game, selain ada wifi untuk belajar sekalian buka buku disitu, apalagi sekarang tempatnya sudah dikasi karpet begitu nanti tinggal menjaga kebersihan saja". ucap Sri Rejeki, Kepala Desa Boto.

Taman Baca ini kedepannya akan dikelola oleh pihak Karang Taruna selaku pengurus dan pengembang Taman Baca , Pihak KKN Universitas Sebelas Maret kelompok 54 berharap agar Taman Baca ini dapat berkembang dan dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar. Kegiatan ini ditututup dengan melakukan ceremonial penyerahan papan nama Taman Baca secara simbolis kepada Kepala Desa Boto sebagai bentuk serah terima Taman Baca.

VIDEO PILIHAN