Mohon tunggu...
Alfarisma Melandika
Alfarisma Melandika Mohon Tunggu... Lainnya - Pecinta kopi, coklat, hujan, dan senja

Terus belajar dan tidak berhenti belajar karena hidup tidak pernah berhenti mengajarkan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pawai Budaya di Bumi Paguntaka

6 Oktober 2022   21:37 Diperbarui: 6 Oktober 2022   21:56 160 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kota Tarakan merupakan sebuah kota di Provinsi Kalimantan Utara. Kota Tarakan atau yang dikenal juga dengan nama Bumi Paguntaka berdiri pada tanggal 15 Desember 1997. Dalam rangka memperingati HUT Kota Tarakan ke-25, Pemerintah Kota Tarakan menyelenggarakan Festival Iraw Tengkayu dan Pekan Kebudayaan Daerah Tahun 2022 yang dilaksanakan mulai tanggal 1 – 8 Oktober 2022. 

Festival Iraw Tengkayu merupakan upacara tradisional masyarakat Tidung yang merupakan suku asli di Tarakan dengan menghanyutkan sesaji ke laut. Ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sebelum Festival Iraw Tengkayu, yaitu pementasan seni budaya dari berbagai daerah, pameran UMKM, pawai budaya, dan pertandingan olahraga tradisional.

Ada 64 grup pejalan kaki atau sekitar 6.792 personel dan 197 kendaraan hias yang ikut berpartisipasi meramaikan pawai budaya yang diselenggarakan hari ini (Kamis, 6/10/2022). 

Pawai budaya ini diikuti oleh berbagai instansi pemerintah, perumda, sekolah, dan perkumpulan atau paguyuban dari berbagai suku dan daerah. Semua suku atau daerah dari Sabang sampai Merauke turut berpartisipasi dalam kegiatan pawai budaya tersebut, karena Tarakan ibarat miniatur Indonesia yang penduduknya dari berbagai macam suku dan daerah.

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Pawai budaya ini bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan berbagai daerah di Indonesia serta memperkuat kekompakan dan silaturahmi antar warga masyarakat Kota Tarakan. Festival Iraw Tengkayu sendiri saat ini sudah masuk dalam kalender 100 event pariwisata nasional

Baca juga: Cerita Siang Ini

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan