Sejak akhir tahun 2019 , pandemi covid-19 mulai menyebar ke seluruh dunia . Hal ini membuat berbagai sektor kehidupan menjadi berhenti termasuk sektor perdagangan. Banyak perusahaan-perusahaan besar yang terpaksa memberhentikan banyak karyawan karena tidak mampu membayar gaji mereka. Dan usaha-usaha yang masih berjuang dari bawah menjadi lebih kesusahan karena tidak ada kejelasan kapan pandemi akan berakhir, mereka tidak dapat berdagang secara langsung seperti biasanya. Hal ini membuat banyak UMKM yang gulung tikar akibat kehabisan modal dan terus merugi.
Universitas Jember sebagai salah satu Universitas Negeri di Indonesia, turut andil dalam membantu para UMKM dengan menerjunkan mahasiswanya pada program  KKN dimana salah satu topiknya adalah pemberdayaan UMKM terdampak covid-19 . Dalam kegiatan KKN tersebut diharapkan mahasiswa dapat membantu para UMKM untuk mengembangkan usahanya yang telah terdampak pandemi.
Saya sebagai salah satu mahasiswi dari Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Jember yang saat ini sedang melaksanakan KKN dan mengambil topik tersebut memiliki seorang mitra yaitu ibu Mufarrokha yang memiliki usaha di bidang bakery  yang bernama "JP Bakery". sejak awal pandemi usaha bu Mufarrokha mengalami penurunan omset penjualan. Hal ini disebabkan karena banyaknya pesanan roti yang dibatalkan akibat covid-19. Selain itu kurangnya promosi secara online membuat usaha milik bu Mufarrokha kurang di kenal oleh masyarakat dan membuat bu Mufarrokha berhenti membuat roti selama beberapa waktu . Banyaknya saingan bisnis yang lebih di kenal ada di sekitar tempat produksi roti membuat merek roti milik bu Mufarrokha tidak begitu di kenal oleh masyarakat. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya ingin menerapkan digital marketing dalam promosi dan penjualan online produk dari bu Mufarrokha serta membantu promosi offline dengan cara penyebaran brosur.
Dilansir oleh wikipedia, digital marketing adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Dengan menggunakan digital marketing memungkinkan para UMKM untuk menjual produk mereka tanpa langsung turun ke jalan atau membuka toko. Dengan hanya memanfaatkan smartphone dan data internet para UMKM sudah bisa menjual produk mereka ke berbagai konsumen di seluruh Indonesia bahkan dunia.
Hal ini tentunya akan sangat membantu di tengah keadaan pandemi saat ini. Dengan digital marketing usaha milik bu Mufarrokha dapat lebih di kenal masyarakat dan memiliki konsumen dari berbagai daerah. Dengan memanfaatkan media sosial seperti  facebook,instagram,serta e-commerce seperti shopee memungkinkan bu Mufarrokha memiliki lebih banyak konsumen.
selain melakukan promosi secara online, pada proker KKN ini saya juga melakukan promosi secara offline dengan membagikan brosur di beberapa tempat. Hal ini di harapkan membuat lebih banyak masyarakat yang tahu akan merek roti "JP Bakery" . Dengan mengoptimalkan promosi secara online dan offline diharapkan usaha roti "JP Bakery" dapat mengalami kenaikan omset serta memiliki lebih banyak konsumen.