Mohon tunggu...
Alfarabi Maulana
Alfarabi Maulana Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Lepas

Asal Cirebon, tapi daerah Sunda. Nulis sana-sini.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

5 Aktivitas Ramadan yang Mengundang Rindu

16 April 2021   12:00 Diperbarui: 16 April 2021   12:06 602 4 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: sicecep.com (diambil dari idntimes.com)

Ramadan telah tiba dengan segala keberkahannya. Semakin banyak Ramadan yang telah dilalui, maka semakin bertambah usia kita dan semakin banyak kenangan yang tersimpan dalam ingatan.

Zaman dulu sebelum hp dan smartphone mulai populer, juga sebelum Covid-19 memaksa kita untuk membatasi aktivitas di luar rumah, banyak kegiatan yang dilakukan di bulan Ramadan.

Berikut beberapa kegiatan yang sering dilakukan di kala Ramadan tiba.

1. Tarawih

Suasana Ramadan tidak akan lengkap tanpa shalat tarawih berjamaah di masjid. Shalat tarawih sendiri merupakan ibadah spesial bagi umat Islam karena hanya dilakukan di bulan Ramadan. Namun di masa pandemi ini, beberapa di antara kita harus terpaksa shalat tarawih di rumah masing-masing demi menjaga kesehatan dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

2. Bukber

Bukber, alias buka puasa bersama, merupakan ajang silaturahim dengan acara makan bersama pada waktu buka puasa. Kegiatan ini sering dilakukan sebagai momen reuni sekolah atau perkumpulan tertentu. Kegiatan ini dilakukan untuk mempererat persaudaraan, bernostalgia, dan berbagi pengalaman. 

Tapi hati-hati jika mengadakan agenda bukber, karena sering kali agendanya cuma jadi wacana. Juga jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan kalau kalian ingin mengadakan bukber.

3. Perang Sarung

Ini sih permainan yang jadi favorit anak-anak. Di kala orang dewasa berbaris rapi di masjid dan bertarawih, anak-anak biasanya keluar saat sudah beberapa rakaat tarawih untuk bermain di halaman masjid. 

Mereka akan membuntal ujung sarung dan mulai saling berkejaran tanpa tujuan. Tidak ada panduan khusus tentang permainan ini. Yang penting kita berlari dan tertawa sambil saling melempar ujung sarung.

4. Bermain Kembang Api

Kembang api adalah hiburan yang menyenangkan untuk dilakukan di malam hari. Melihat berbagai macam jenis kembang api yang terbakar akan sangat memanjakan mata. Menjelang hari raya Idul Fitri, biasanya orang-orang akan banyak menyalakan kembang api yang bisa meledak di langit. Pemandangan langit malam dihiasi cahaya kembang api akan menjadi sesuatu yang sangat dirindukan semua orang.

5. Berkumpul di Hari Raya

Akhir dari berpuasa sebulan penuh adalah Idul Fitri, yaitu hari kemenangan umat Islam atas perjuangan melawan hawa nafsu serta upgrade diri di bulan Ramadan. Hari itu biasanya keluarga besar akan saling berkumpul untuk bersilaturahim dan melepas rindu. Namun sepertinya hal itu tidak bisa dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya karena peraturan larangan mudik tahun ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan