Mohon tunggu...
Alfarabi Maulana
Alfarabi Maulana Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Asal Cirebon, tapi daerah Sunda. Nulis sana-sini.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Lulusan "Bahasa Indonesia" Bisa Apa?

14 April 2021   21:04 Diperbarui: 14 April 2021   21:18 85 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lulusan "Bahasa Indonesia" Bisa Apa?
Sumber: Dokpri 

Salah satu impian semua orang adalah memiliki pekerjaan yang sesuai dengan penjurusan studi. Hal itu dikarenakan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan akan lebih memudahkan kita untuk melakukan pekerjaan tersebut. Salah satu jurusan yang cukup populer adalah jurusan Bahasa Indonesia, baik itu pendidikan atau murni bahasa.

Lingkungan pembelajaran materi dan pelatihan kemampuan di jurusan Bahasa Indonesia sendiri sejatinya berpusat kepada penguasaan di empat bidang, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.

Jika kamu memiliki dasar ilmu lain seperti ilmu pendidikan, sosial, dan sebagainya, maka kamu bisa menggunakan kemampuan bahasa Indonesia di berbagai bidang yang kamu kuasai. Dengan kata lain, ilmu bahasa akan bisa dipakai di berbagai bidang.

Namun ada pekerjaan yang cocok dengan keterampilan para fresh graduate jurusan Bahasa Indonesia. Berikut beberapa pekerjaan yang sesuai untuk kamu para lulusan jurusan Bahasa Indonesia.

1. Editor

Materi linguistik yang kamu pelajari di perkuliahan akan menjadi modal utama dalam memperebutkan posisi editor pada suatu perusahaan redaksi atau penerbitan literatur. Kamu yang punya basic bahasa Indonesia dan mendapatkan posisi editor naskah di perusahaan dengan gaji tinggi adalah orang yang sangat beruntung. 

Belum banyak orang yang peduli akan kerapian dan seni dalam memoles tulisan menjadi lebih menarik. Namun jika kamu lihat tulisan-tulisan dari beberapa perusahaan raksasa di bidang media informasi atau penerbit mereka terkadang masih tidak memedulikan bagaimana ejaan yang benar, memilih kata yang baik, bahkan ada yang tidak bisa menggunakan kata baku dan tidak baku.

Kesempatan tersebut sangat besar bagi kamu yang mau menjadi editor. Tapi silakan kuasai cara mengedit tulisan sehingga kualitasnya meningkat, karena menjadi editor bukan sekadar mengoreksi kata baku dan tidak baku atau membenarkan ejaan.

2. Penulis

Kegiatan menulis dewasa ini sudah terbukti dapat menjadi sebuah pekerjaan yang menjanjikan. Ada banyak bloger, penulis artikel lepas, jurnalis, novelis, sampai sastrawan puisi yang sukses. 

Menjadi penulis juga punya keuntungan tersendiri. Selain kita bisa mengungkapkan pikiran terhadap suatu masalah, menjadi penulis juga melatih diri kita untuk lebih kritis dan peka terhadap isu-isu sosial.

Penulis (baik itu penulis novel, artikel, dan sebagainya) merupakan job yang bebas. Namun tentunya para fresh graduate jurusan Bahasa Indonesia punya kekuatan lebih dalam membuat tulisan yang lebih menarik. Jadi jangan malu atau minder untuk melatih diri menjadi penulis. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x