Mohon tunggu...
derfax_phan
derfax_phan Mohon Tunggu... xxx

pemula

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Light Up: BTS, dari Under Menjadi Over

1 Desember 2020   18:14 Diperbarui: 1 Desember 2020   19:10 63 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Light Up: BTS, dari Under Menjadi Over
newsbreak.com

Anak jaman sekarang siapa sih yang gak tau boyband ini...

Iya BTS. BTS sendiri adalah boyband dari naungan Big Hit Entertaiment dan debut pada tahun 2013. Big Hit Entertaiment sendiri adalah agensi baru dan terbilang nugu (nama untuk artis/agensi yang tidak terlalu terkenal) karena mereka baru mendebutkan boyband pertama mereka yaitu BTS (boyband yang terbilang suskes dari Big Hit).

Saya sendiri sudah menjadi Kpop dari 2011 dan saya juga tau bagaimana BTS pada masa debut dulu. Sebenarnya BTS tidak terlalu terkenal pada tahun 2013, mungkin juga karena Kpop tidak terlalu masif seperti sekarang dan promosi mereka yang menurut saya kurang gencar (mungkin karena agensi mereka tergolong miskin) oleh seban itu mereka tak bisa tampil di berbagai reality show korea.

Selain itu, BTS bisa dibilang kurang terkenal pada 2013 karena mereka debut juga berbarengan dengan boyband SM Entertaiment (Big 3) yang bisa dibilang mereka mengalahkan BTS dari segala aspek dari promosi, kualitas MV, bahkan hingga fans BTS tergolong kalah.

Lambat laut mereka mulai mempromosikan dirinya mulai dari Platform Youtube dengan membuat youtube channel kedua dengan nama Bantan TV. Menurut saya CEO Big Hit sangat revolusioner karena meskipun dengan buget yang sedikit mereka bisa mempromosikan diri mereka tanpa harus datang ke acara reality show dll, apalagi youtube gratis. Bantan TV mungkin bisa dibilang B-Side dari BTS, dalam Channel ini konten yang diberikan kepada fans bisa berupa vlog atau konten dance dan game. 

Pada saat itu, bisa dibilang masih jarang sekali ada boyband korea yang membuat konten sendiri seperti Big Hit entertaiment, dari keterbatasan menjadi keuntungan yang sangat ....sangat.

Saya masih ingat Youtube mereka masih 1 jutaan pada saat saya masih SMP dan sekarang 5 tahun kemudian, Subscriber mereka sekarang mencapai 41 juta lebih dan menjadi salah satu akun dengan Subscriber terbanyak di Asia untuk musik.

BTS mendapatkan award berkesan menurut saya pada saat mereka menang MAMA 2015 untuk World Global Performance 2015 karena konser World tour mereka sukses pada saat itu. Ditambah lagu mereka yaitu Dope, I need You yang meledak di pasaran dan itu salah satu lagu yang saya suka dari BTS.

Sedikit demi sedikit mereka mulai mendapatkan kesuksesan .....dimulai dengan 2016 dengan lagu Blood, sweat, and tears dan fire yang benar benar meng-fire-kan tangga lagu korea pada tahun 2016. 

2016 mungkin menjadi salah satu hari bersejarah bagi BTS dan ARMY (fans BTS) karena pada saat itu mereka memenangkan penghargaan Artis Of the Year untuk pertama kalinya dan album of th e year di Melon. Para personil BTS sangatlah tersentuh bahkan hampir semua personil mereka menangis pada saat itu dan It's start for BTS to Come Real Around The World.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x