Mohon tunggu...
Alfa nawafilly
Alfa nawafilly Mohon Tunggu... Mahasiswa tadris IPS 2 IAIN Jember

سَلَكَ طَرِيْقًايَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا,سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيْقًا إِلَى الجَنَّةِ

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Filsafat Pendidikan Rekonstruksionisme dan Tokoh-tokoh Pemikirannya

26 Mei 2020   00:27 Diperbarui: 26 Mei 2020   00:17 7 0 0 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum wr.wb. minal aizin wal faizin mohon maaf lahir dan batin. Alhamdulillah bagaimana kabarnya kembali kawan-kawan setelah merayakan hari kemenangan ?. Semoga amal ibadah kita selama bulan rhomadhon tanpa terkecuali diterima oleh Allah SWT amiin.

Bersama lagi dengan materi cabang filsafat berikutnya yang bisa dikatakan agak ruwet dalam penulisan dan membacanya tetapi mari kita bahas kembali apakah pembahasannya juga ruwet ?.

A. Pengertian filsafat pendidikan rekonstruksionisme

Rekonstruksionisme berasal dari bahasa inggris "reconstruct" yang berarti menyusun atau menata kembali. Filsafat pendidikan rekonstruksionisme adalah suatu cabang filsafat yang berusaha mengubah apa yang ada di kebudayaan dahulu diubah menjadi kebudayaan modern seperti pada zaman sekarang dalam artian tata susunannya yang diubah.

Perlu diketahui aliran filsafat rekonstruksionisme ini dipelopori oleh George Count dan Harorld Rugg pada tahun 1930 yang mempunyai keinginan membangun masyarakat baru, dalam artian masyarakat yang adil dan makmur.

Rekonstruksionisme merupakan kelanjutan dari gerakan progresivisme, yang menginginkan kondisi manusia harus diperbaiki karena apa? Karena adanya suatu anggapan kaum progresif itu hanya melibatkan atau memikirkan diri dengan masalah-masalah masyarakat.

B. Tokoh-tokoh pemikiran filsafat pendidikan rekonstruksionisme

VIDEO PILIHAN