Mohon tunggu...
Alfain Aknaf Rifaldo
Alfain Aknaf Rifaldo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Manusia

Hanya mas mas biasa yang tidak kuat mengonsumsi kopi tanpa air Instagram : @aaknafr

Selanjutnya

Tutup

Beauty Pilihan

Bingung Pilih Peci? Ini Dia Rekomendasi Peci untuk Anda!

18 April 2021   11:11 Diperbarui: 18 April 2021   11:23 318
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Penampilan mencerminkan pribadi seseorang

Kira-kira begitulah peribahasa yang sering kita dengar. Memang benar bahwa penampilan mencerminkan pribadi seseorang, tapi jangan lupakan pula bahwa segala sesuatu haruslah sesuai dengan tempatnya. Malah menurut saya bukan hanya harus sesuai dengan tempatnya, dengan waktunya pun haruslah sesuai. Maka tidak salah jika kita mencoba setelan penampilan baru di bulan suci Ramadlan ini.

Anda bisa mulai mencoba memakai peci alih-alih topi mengingat fungsinya yang sama yakni menutup kepala. Adapun variasi dan bentuk peci jaman sekarang sangatlah banyak dan bisa anda pilih sesuka anda. Namun seperti yang saya singgung di awal bahwa segala sesuatu haruslah sesuai dengan tempat dan waktunya. Begitu pula dengan peci. Ada beberapa peci yang lebih cocok dipakai di tempat dan waktu tertentu. Jika anda bingung memilihnya, jangan khawatir sebab kali ini saya akan memberikan rekomendasi pilihan peci dengan mempertimbangkan kecocokannya dengan tempat dan waktu dan tertentu.

Songkok adalah jenis peci pertama yang saya rekomendasikan. Saya pilih ini pada urutan pertama sebab warnanya yang simpel namun terkesan elegan serta bentuknya yang dinamis dan gagah. Songkok juga sering dipakai untuk berbagai macam acara, baik yang formal maupun non formal.

Songkok yang beredar di Indonesia ini ada berbagai macam variasi dan merek. Ada yang diberi bordir hiasan maupun bordir ormas. Namun saya pribadi lebih menyukai yang hitam polos. Kesannya lebih berkarakter daripada yang dihiasi bordir yang menurut saya malah menghilangkan kesan elegannya.

Pilihlah songkok yang sedikit longgar dari ukuran kepala anda yang sekarang. Tujuannya supaya ketika rambut anda memanjang, songkok anda masih bisa muat di kepala. Karena berdasarkan pengalaman saya, ketika saya menggondrongkan rambut, beberapa peci yang saya pilih berdasarkan ukuran kepala saya sebelum gondrong menjadi tidak lagi pas di kepala.

Perlu di ketahui juga bahwa penomoran ukuran pada tiap merek songkok itu berbeda-beda. Artinya, nomor 6 pada songkok merek A belum tentu sama dengan nomor 6 pada songkok merek B dan C. Begitu pula sebaliknya. Maka jika anda sudah cocok dengan merek songkok tertentu saya sarankan jangan beralih merek. Kalaupun ingin, maka cobalah sendiri, jangan minta untuk dibelikan orang.

Meskipun songkok merupakan jenis peci yang paling saya sukai, bukan berarti peci ini tidak memiliki kekurangan. Kekurangan yang paling sering saya keluhkan adalah peci jenis ini mudah sekali bau. Tapi hal ini bisa diantisipasi dengan cara dijemur di bawah matahari.

Kekurangannya yang lain adalah peci ini tidak bisa dicuci. Sehingga dikhawatirkan apabila terpapar najis akan sulit dibersihkan. Fakta bahwa peci ini tidak bisa dicuci juga membuat peci ini perlahan tapi pasti akan semakin mudah bau. Tapi seperti yang saya katakan barusan, hal tersebut bisa dicegah dengan cara dijemur.

Kekurangannya yang selanjutnya adalah tidak portable. Peci jenis songkok ini jelas tidak bisa dipakai di dalam helm. Mungkin bisa jika dipaksakan, tapi pastinya itu tidak baik karena bukan pada tempatnya. Jika anda hobi berkendara jarak jauh, peci jenis ini kurang cocok untuk anda. Peci ini lebih cocok dipakai kaum introvert yang malas pergi kemana-mana.

Sebenarnya songkok masih bisa dilipat dan ditaruh ke dalam tas, namun itu sangat tidak saya sarankan jika anda ingin songkok anda awet untuk waktu yang lama. Sering melipat songkok membuat songkok anda perlahan kehilangan bentuk kokohnya dan ini tentu akan mempengaruhi penampilan. Maka pertahankanlah bentuk songkok apa adanya dan jangan terlalu sering dilipat.

  • Peci Bundar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun