Mohon tunggu...
Alfain Aknaf Rifaldo
Alfain Aknaf Rifaldo Mohon Tunggu... Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta_20107030030

Hanya mas mas biasa yang tidak kuat mengonsumsi kopi tanpa air Instagram : @aaknafr

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Ini Dia Alasan Kenapa Kamu Harus Membawa HP Saat BAB

14 Maret 2021   19:48 Diperbarui: 17 Maret 2021   19:46 823 18 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini Dia Alasan Kenapa Kamu Harus Membawa HP Saat BAB
ilustrasi selalu memegang HP. (sumber: shutterstock via kompas.com)

Manusia pada umumnya hampir buang air besar (BAB) satu kali sehari. Meskipun ada beberapa yang mengaku lebih sering, seperti tiga kali sehari, atau lebih jarang, seperti tiga kali seminggu. 

Tentu hal tersebut dipengaruhi banyak faktor. Di antara faktor tersebut adalah pola dan menu makan, usia maupun pola hidup, atau hal-hal seperti penyakit yang dapat mempengaruhi pola BAB kita.

Manusia adalah makhluk mamalia. Mamalia dengan berat kurang dari 4.000 kilogram tidak pernah menghabiskan waktu lebih dari 12 detik untuk BAB karena jika terlalu lama, bau limbah tubuh akan mengundang pemangsa. 

Untungnya manusia bisa sedikit bersantai karena manusia berada di puncak rantai makanan. Menurut ahli, manusia idealnya BAB tidak boleh lebih dari 15 menit. 

Maka penting untuk pergi ke kamar mandi ketika hanya benar-benar ingin BAB saja. Sebab jika perut belum berkontraksi, kamu hanya memaksakan otot anus dan dapat menimbulkan penyakit wasir atau hemoroid.

Namun demikian, 15 menit adalah waktu yang cukup lama. Kita bisa melakukan banyak hal dalam waktu 15 menit tersebut. Sedangkan ada pepatah yang menyebutkan bahwa waktu adalah emas. Maka jika kita tidak berinisiatif, 'emas' kita tersebut akan hilang sia-sia. 

Lalu bagaimana caranya agar menghabiskan waktu BAB dengan lebih efektif dan tidak sia-sia? Tenang saja, sebab saya punya solusinya. Solusinya adalah dengan membawa handphone ketika BAB.

Kenapa harus handphone? Akan saya jelaskan berikut alasan-alasannya. Namun sebelum itu, pastikan kamar mandi yang anda pakai untuk BAB memiliki tempat yang cukup untuk menaruh handphone tersebut jika tiba waktunya untuk bersih-bersih. 

Pastikan pula tempat tersebut kering karena kebanyakan handphone beresiko jika terkena air. Jika semuanya sudah dicek kembali, maka inilah alasan-alasan kenapa kamu harus membawa handphone ketika BAB.

  • Sebagai pengusir sepi

Hampir semua WC yang ada di Indonesia mempunyai suasana yang sepi. Maka dari itulah kita perlu membawa handphone agar tidak mampus kita dikoyak sepi, seperti yang dikatakan om Chairil Anwar. 

Apalagi WC atau kamar mandi memang sifatnya personal dan kita tidak bisa meminta orang lain untuk menemani kita dengan alasan agar tidak kesepian. Membawa handphone saat BAB bisa membantu kita agar tidak melamun yang buntutnya bisa mengakibatkan kejadian buruk, kesurupan misalnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN