Mohon tunggu...
Naufal Alfarras
Naufal Alfarras Mohon Tunggu... leiden is lijden

Blogger. Jurnalis. Penulis. Pesilat. Upaya dalam menghadapi dinamika global di era digitalisasi serta membawa perubahan melalui tulisan. Jika kau bukan anak raja, juga bukan anak ulama besar, maka menulislah. "Dinamika Global dalam Menghadapi Era Digitalisasi" Ig: @naufallfarras

Selanjutnya

Tutup

Digital Artikel Utama

"Map Kit" Langkah Antisipasi Huawei Hadapi Berlanjutnya Perang Dagang

18 Agustus 2019   18:26 Diperbarui: 19 Agustus 2019   12:59 0 5 2 Mohon Tunggu...
"Map Kit" Langkah Antisipasi Huawei Hadapi Berlanjutnya Perang Dagang
Ilustrasi Map Kit| Sumber: clubtech.es

Penggunaan peta digital dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam memberi informasi lalu lintas dan sebagai sistem navigasi kian marak. Akan tetapi, instruksi yang disampaikan oleh peta digital kerap tidak tepat dan bahkan menyesatkan.

Pedoman perjalanan yang disajikan peta digital tidak jarang berpotensi membawa malapetaka bagi penggunanya. Namun, beberapa insiden tersebut tidak membuat para pengguna smartphone meninggalkan aplikasi penyedia peta digital.

Berbagai perusahaan smartphone global terus melakukan pengembangan terhadap fitur yang mereka miliki. Hal ini dilakukan dalam upaya mempertahankan produk agar dapat bertahan di pasaran. Salah satunya pembaruan aplikasi penyedia peta lokasi.

Pada umumnya, peta digital mampu melakukan pemetaan terhadap suatu lokasi serta memberi petunjuk arah dari satu titik ke titik yang dituju oleh pengguna.

Apple dengan Apple Maps, Bing Maps milik Microsoft, serta yang paling populer saat ini yakni keberadaan Google Maps yang tidak lain adalah milik perusahaan Google.

Tidak mau kalah, perusahaan asal Tiongkok yaitu Huawei pun turut meramaikan pasar tersebut. Rencananya, Map Kit milik Huawei yang menawarkan fitur peta digital akan dirilis pada bulan Oktober mendatang.

Membuat Map Kit sebagai penyedia peta digital diklaim sebagai langkah preventif Huawei dalam mewaspadai konflik berkelanjutan antara otoritas Negeri Tirai Bambu dan Amerika Serikat dalam perang dagang.

Perusahaan Huawei diketahui telah masuk sebagai salah satu daftar hitam dalam perdagangan Amerika Serikat. Alhasil, Huawei tidak dapat melebarkan sayapnya di Negeri Paman Sam.

Karena khawatir tidak dapat menggunakan sistem operasi Android lagi, Huawei bahkan telah membuat sistem operasi sendiri yang bernama Harmony di awal Agustus kemarin.

Map Kit menjadi salah satu fitur yang sedang dikembangkan Huawei. Meski demikian, Map Kit kemungkinan besar belum dapat diakses oleh publik lantaran lebih diperuntungkan untuk para pengembang.

Para pengembang yang memiliki inovasi dan ide kreatif, diharapkan mampu memaksimalkan kehadiran Map Kit yang berkaitan dengan aplikasi yang mereka miliki.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x