Mohon tunggu...
Endah rahayuhandayani
Endah rahayuhandayani Mohon Tunggu... Ibu rumah tangga

Seorang ibu rumahtangga dengan pemikiran sederhana

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Jangan Sepelekan Double Cleansing Kalau Tidak Mau Serum dan Krim Mahalmu Sia-sia

29 Mei 2021   19:22 Diperbarui: 29 Mei 2021   21:34 101 2 0 Mohon Tunggu...

Langkah-langkah dalam pemakaian skincare memang bervariasi pada setiap orang. Ada yang stepnya panjang dan berlayer-layer ala skincare korea, ada pula yang stepnya sederhana.  

Sesederhana apapun step yang anda lakukan, aliran manapun yang anda anut dalam berskincare, yang namanya cleansing atau membersihkan wajah adalah step yang mau ga mau harus dilakukan siapapun, bahkan oleh orang yang buta skincare sekalipun. 

Karena kulit wajah yang dibersihkan dengan paripurna akan dapat menyerap toner, serum ataupun krim moisturizer yang di aplikasikan di langkah setelahnya. Sebaliknya, kulit wajah yang belum benar-benar bersih, akan menghalangi kandungan zat aktif (active ingredient) yang ada pada toner, serum maupun moisturizer.

Selama ini, yang secara umum kita kerahui adalah membersihkan wajah ya dengan sabun wajah ( facial wash). Padahal ada zat-zat yang tidak larut keika membersihkan wajah hanya dengan memakai sabun. Apalagi jika seharian memakai make up ditambah dengan polusi, tentu saja tak cukup jika hanya dengan menyabun wajah.

Dalam dunia skincare dikenal teknik membersihkan wajah dengan double celansing atau membersihkan wajah dengan dua jenis pembersih. 

1. First cleanser

Biasanya pembersih pertama berbahan dasar minyak. Kenapa minyak? Karena make up itu berbahan dasar mineral oil dan berbagai jenis minyak lain, sehingga minyak akan dapat larut sempurna dengan minyak juga.  Macam- macam first cleanser yang banyak beredar adalah oil cleanser dan balm cleanser yang biasa dipakai untuk kulit kering serta micellar water untuk kulit berminyak. Setelah mmbersihkan wajah dengan first cleanser ini biasanya kapas akan sangat kotor dan hampir semua kotoran akan terangkat. Setelah step ini selesai maka dilanjutkan dengan tahap berikutnya.

2. Second cleanser

Second cleanser ini biasanya berbentuk sabun, yang akan mengemulsi minyak dan menggelontor semua residu atau sisa2 kotoran dan make up yang seharian menempel di wajah. Pemilihan sabun muka tentu saja akan sangat berbeda dengan sabun untuk wajah, karena harus disesuaikan dengan pH kulit supaya kulit tidak menjadi kering. Setelah tahap second cleanser dilakukan berarti anda siap untuk ke step berikutnya dalam berskincare

Kedua tahap cleansing ini jika dilakukan dengan benar akan memberikan manfaat yang menakjubkan yaitu :

1. memcegah separoh lebih permasalahan kulit secara umum seperti jerawat bruntusan, kulit bersisik dan lain lain. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x