Mohon tunggu...
Alex Palit
Alex Palit Mohon Tunggu... jurnalis

jurnalis

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

70 Tahun Maestro Rock Indonesia Ian Antono

29 Oktober 2020   00:50 Diperbarui: 29 Oktober 2020   04:52 60 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
70 Tahun Maestro Rock Indonesia Ian Antono
70 Tahun Maestro Rock Indonesia Ian Antono (foto Alex Palit)

Di sini saya sengaja tidak mengurai panjang lebar siapa dan apa Ian Antono. Karena saya yakin seyakin-yakinnya (siapa pun itu) sebagai penggemar musik rock Indonesia pasti mengenal siapa dan apa sosok musisi, komposer dan aranjer kelahiran Malang, 29 Oktober 1950, bernama lengkap Yusuf Antono Djoyo, yang pada 29 Oktober 2020 genap berusia 70 tahun.

Sebagai apresiasi menyambut hari ulang tahunnya ke-70, di sini saya dan atas nama penggemarnya hanya ingin memberi ucapan dan kado ulang tahun yang dikemas dalam berupa buku diberi judul "70 Tahun Maestro Rock Indonesia -- Ian Antono".

Sesuai hari ulang tahunnya ke-70, buku kado ulang tahun inipun dicetak eksklusif juga hanya setebal 70 halaman, serba 70. 

Dan yang pasti buku ini bukan biografi yang mengulas A sampai Z, siapa dan apa Ian Antono. Buku ini tak lebih hanyalah sebuah kado ucapan selamat ulang tahun ke-70  yang disampaikan oleh fans setianya yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Untuk itu, di sini saya sebagai penulis buku sengaja mengumpulkan dan meminta komentar fans Ian Antono dari "orang-orang biasa", bukan artis top atau public figure, dari semua kalangan dan profesi kemudian dibukukan sebagai kado ulang tahun ke-70. Alhamdulillah upaya ini mendapat apresiasi dan respon menggembirakan dari fans Ian Antono.

Begitupun di buku ini saya pun lebih menuliskan apa adanya dari kisah perjalanan jurnalistik saya dalam mengenal secara personal sosok Ian Antono, atau boleh dibilang di sini saya lebih menuliskannya "Ian Antono di mata Alex Palit" yang lebih pada sisi human interest.

Selebihnya tak kurang dari 50 komentar mengenai siapa dan apa Ian Antono di mata penggemarnya. Selebihnya lagi, untuk melengkapi biodata di buku ini disertakan pula daftar diskografi rilisan album Ian Antono mulai saat gabung di Bentoel Band, Gong 2000 maupun God Bless, serta seabreg deretan rilisan album artis penyanyi dari beragam genre yang musiknya ditangani atau melibatkan maestro rock Indonesia ini baik sebagai musisi, komposer, aranjer atau produser.

Atas kiprahnya di jagad musik rock Indonesia yang digeluti sejak tahun '70-an, nama Ian Antono kini pun bukan saja sudah menjadi ikon rock Indonesia juga maestro rock Indonesia yang telah memberi kontribusi bagi perkembangan musik Indonesia, khususnya rock.

Akhirul kalam, selamat ulang tahun ke-70 mas Ian, panjang umur, sehat seger waras lahir batin, tetap semangat dan terus berkarya untuk musik Indonesia dengan syair kehidupannya.

Video 70 Tahun Maestro Rock Indonesia Ian Antono: https://youtu.be/JPrq8-XZuGU

Alex Palit, citizen jurnalis, penulis buku: Rock Humanisme God Bless (Elexmedia, 2017), Festival Rock se-Indonesia -- Log Zhelebour, Nada-Nada Radikal Musik Indonesia, dan God Bless Aku Bersaksi (Formasi, 2020)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x