Mohon tunggu...
Clara Jovanka
Clara Jovanka Mohon Tunggu... Statistic Consultant

be the change you'd like to see

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Tips Bertahan Hidup Kuliah di Jakarta

1 April 2020   19:48 Diperbarui: 1 April 2020   20:09 38 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Bertahan Hidup Kuliah di Jakarta
Ilustrasi: alifiaharina/pexels.com

Tak salah jika Jakarta disebut sebagai Kota Metropolitan, terdiri dari enam wilayah administrasi, Jakarta selalu menjadi pusat dari beragam kegiatan, mulai dari pemerintahan, pendidikan hingga hiburan.  

Jakarta memang menyimpan banyak cerita, termasuk satunya ialah relatif mahalnya biaya kuliah dan biaya hidup di sana. Rumornya, kuliah di Jakarta berat, bahkan Dilan saja tidak kuat dan memilih kuliah di kota sebelah. Lalu, bagaimana cara untuk menekan pengeluaran kamu selama kuliah di Jakarta? Yuk cek artikel ini lebih lanjut!

  1. Cari beasiswa! Banyak kampus ternama di Jakarta, banyak juga dari kampus-kampus ini yang menyediakan beasiswa untuk mahasiswanya. Beasiswa ini tidak hanya ditargetkan untuk mahasiswa yang kurang mampu, tetapi juga untuk mahasiswa berprestasi di bidang akademik maupun non-akademik.
  2. Alokasikan uang kamu, jangan sampai uang buku malah kamu gunakan buat malmingan sama doi. Selain itu, coba buat limit untuk pengeluaran kamu setiap harinya.
  3. Teruntuk mahasiswa non PP (pulang-pergi), tentukan lokasi kost yang strategis. Kalau kamu gak pakai kendaraan pribadi dan gak punya tebengan, jangan cari kost yang jauh dari kampusmu. Dengan cara ini, kamu bisa menghemat ongkos, lebih bagus lagi kalau kamu bisa jalan kaki dari kost ke kampusmu.
  4. Manfaatkan fasilitas seperti perpustakaan, wi-fi, hingga tap water di kampusmu.
  5. Butuh uang tambahan? Kamu bisa coba cari lowongan part-time di sekitar kampus, tapi jangan sampai kerjaan kamu bikin kuliah keteteran ya.
  6. Pintar-pintar cari akal untuk menghemat uang makan kamu dengan masak bareng teman-temanmu, cari promo makan di sekitar kampusmu dan sering-sering ikut seminar di kampusmu (selain dapet ilmu, biasanya kamu bakal dapet makan gratis), perut kenyang, kantongpun senang!

Demikian beberapa tips yang bisa kamu gunakan dalam menghadapi mahalnya kuliah di Jakarta. Selain mengikuti tips di atas, kamu juga bisa mencari informasi tentang kampus dengan fasilitas terbaik dan kampus biaya terjangkau di Jakarta.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x