Mohon tunggu...
Clara Jovanka
Clara Jovanka Mohon Tunggu... Statistic Consultant

be the change you'd like to see

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Lulusan SMK Lanjut Kuliah, Kenapa Tidak?

29 Maret 2020   21:12 Diperbarui: 29 Maret 2020   21:18 29 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lulusan SMK Lanjut Kuliah, Kenapa Tidak?
Ilustrasi: skitterphoto/pexels.com

SMK merupakan jenjang sekolah yang ditempuh setelah SMP atau sederajatnya. Berbeda dengan SMA, SMK cenderung lebih mengutamakan praktik ketimbang teori dalam pembelajarannya. 

Hal inilah yang sebagian besar membuat stigma bahwa selepas bersekolah di SMK, kamu lebih baik langsung bekerja. Namun, apakah hal ini semerta-merta membuat lulusan SMK tidak boleh berkuliah lagi? Tentunya tidak, sebagai lulusan SMK, kamu bisa lanjut berkuliah, baik untuk tingkat D3 maupun S1. Berikut adalah informasi mengenai beberapa jurusan kuliah SMK yang bisa kamu ambil.

  1. Pariwisata di jurusan ini kamu bakal belajar seluk beluk tentang pariwisata, mulai dari sejarah, hukum hingga ekonominya. Selepas kuliah pariwisata, kamu bisa membantu meningkatkan daya tarik pariwisata Indonesia.
  2. Perhotelan, yang kamu pelajari di jurusan ini tidak akan jauh berbeda dengan jurusan manajemen, namun lebih spesifik di lingkup perhotelan. Selain itu, di jurusan ini kamu juga bisa mempelajari beragam bahasa asing dan ilmu komunikasi.
  3. Tata Busana, pernah bermimpi punya clothing line sendiri? Bisa jadi kuliah di jurusan ini adalah langkah awal yang kamu butuhkan. Selain tentunya belajar untuk memroduksi pakaian, kamu juga bisa belajar ilmu marketing di dunia garment.
  4. Tata Boga, di jurusan ini kamu akan mempelajari teknik mengolah dan meracik pangan, juga teknik penyajiannya. Siapa tau selepas kuliah di jurusan ini, kamu bisa jadi the next 'harta, tahta, Chef Renata'.

Demikian informasi mengenai beberapa jurusan kuliah SMK dengan prospek kerja yang luas untuk kamu pertimbangkan.

VIDEO PILIHAN