Mohon tunggu...
Alexandra Liani
Alexandra Liani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Bina Nusantara

Suka public speaking, fashion dan membaca buku

Selanjutnya

Tutup

Beauty Artikel Utama

Hemat Waktu dan Uang tapi Tetap Menarik Saat di Kantor

28 November 2022   18:00 Diperbarui: 29 November 2022   01:05 224
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi (Kai Pilger/Pexels)

Anda pasti sering menghabiskan banyak waktu untuk memilih baju di pagi hari, terkadang bisa saja anda telat ke kantor hanya karena lupa waktu saat mencocokkan baju. 

Masalah ini tidak hanya akan berhenti disini saja, mungkin saja anda juga menjadi gampang bosan dengan baju anda dan malah akhirnya menghabiskan banyak uang dan waktu untuk membeli baju yang hanya akan dipakai beberapa kali. 

Masalah seperti ini sering sebabkan oleh fast fashion, pakaian yang diproduksi perusahaan fast fashion tidak bertahan lama karena model pakaian yang hanya mengikuti tren sesaat dan bahan pakaian yang mudah rusak, sehingga orang-orang akan cepat bosan dan membeli baju terus menerus.

Apa itu capsule wardrobe?

Masalah seperti ini dapat diselesaikan dengan capsule wardrobe. Capsule wardrobe adalah kumpulan dari pakaian seperti baju, celana, jaket, dress, dan sepatu yang bisa dipadukan untuk satu sama lain dan menjadi beberapa set outfit yang berbeda-beda. 

Capsule wardrobe fokus pada pakaian dengan model netral dan tidak termakan waktu atau timeless, sehingga pakaian yang ada di capsule wardrobe harus berkualitas tinggi dan nyaman digunakan. 

Alasan mengapa orang-orang kantoran lebih baik memiliki capsule wardrobe untuk pakaian kantor, daripada hanya membeli baju fast fashion yang hanya bagus untuk beberapa kali pakai, adalah capsule wardrobe menyediakan pilihan yang sudah pasti cocok karena pakaian yang ada di capsule wardrobe sudah dipastikan dapat dipadukan satu sama lain dari segala aspek mulai dari warna, bahan, bentuk dan musim.

Pengaruh capsule wardrobe dalam menghemat waktu dan uang

Dalam mengambil ilmu dari Youtuber Kaiti Yoo, menurut dia memiliki lemari penuh dengan pakaian yang cocok dengan satu sama lain dan dapat memperindah bentuk dan warna tubuh membantu dia untuk tidak membeli baju hingga satu tahun dan membantu dia untuk tidak menghabiskan waktu di pagi hari karena dia tidak udah memikirkan baju apa saja yang akan dipakainya. 

Capsule wardrobe hanya akan menghabiskan waktu beberapa hari untuk direncanakan dan uang yang dikeluarkan juga dapat direncakan sehingga tidak akan merusak dompet.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun