Bisnis

Betapa Pentingnya Etika Bisnis

12 Juli 2018   11:08 Diperbarui: 12 Juli 2018   11:22 455 0 0

Etika Bisnis merupakan suatu cara untuk melakukan suatu kegiatan berbisnis yang berkaitan dengan individu, masyarakat, maupun perusahaan. Etika Bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma, dan perilaku karyawan maupun pemimpinnya sendiri.

Perusahaan sangat yakin bahwa prinsip berbisnis yang baik adalah prinsip beretika.

Etika Bisnis dapat dijadikan standar atau pedoman bagi seluruh karyawan dalam perusahaan untuk menjadikan pedoman dalam bekerja sehari-hari.

Tujuan Etika Bisnis :

Tujuannya adalah untuk mendorong kesadaran kita maupun suatu perusahaan  dan memberikan batasan bagi para pengusaha atau pelaku bisnis untuk menjalankan suatu bisnis internal maupun eksternal.

Dengan etika bisnis, para pelaku bisnis memiliki aturan yang dapat mengarahkan mereka untuk mewujudkan manajemen bisnis yang baik, sehingga dapat diikuti semua orang yang percaya akan bisnis tersebut memiliki etika berbisnis yang baik.

Contoh  Etika Bisnis :

1. Menyebutkan nama

2. Berdiri saat berkenalan 

3. Ucapan Terima kasih 

4. Bayar tagihan ketika mengundang

Itulah pengertian, tujuan, dan contoh etika bisnis yang harus dimiliki. Dengan memiliki etika bisnis yang baik, perusahaan akan memiliki daya saing yang tinggi hingga memiliki sebuah kemampuan yang berguna. Oleh karena itu beretika dalam berbisnis itu menimbulkan sisi positif dari kita maupun suatu perusahaan. Yang dimana secara pribadi kita diajarkan untuk beretika dalam lingkup keluarga maupun di luar.