Mohon tunggu...
Alexander Fiandre Readi
Alexander Fiandre Readi Mohon Tunggu... Mahasiswa S1 Hospitaliti dan Pariwisata Angkatan 2017

Mahasiswa Penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud, Program Double Degree STP Trisakti - Guilin Tourism University, Program Studi S1 Hospitaliti dan Pariwisata Angkatan 2017

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Obligasi Negara Ritel, Investasi Sambil Bangun Negeri

30 Januari 2021   07:34 Diperbarui: 30 Januari 2021   07:45 85 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Obligasi Negara Ritel, Investasi Sambil Bangun Negeri
ORI019 (Sumber dari kemenkeu.go.id)

Pemerintah Negara Indonesia kembali menawarkan satu obligasi, yaitu Obligasi Negara Ritel Indonesia atau disebut juga ORI. Sebenarnya apa itu obligasi? Obligasi secara sederhana adalah suatu jenis utang atau pengakuan utang dari perusahaan atau pemerintah yang akan dibayar lunas kepada pemberi utang saat jatuh tempo. Obligasi termasuk surat berharga. Kita sebagai pembeli obligasi berarti kita memberikan utang, lalu pastinya yang kita berikan utang harus mengembalikan uang kita sepenuhnya dalam waktu yang ditentukan beserta bunganya.

ORI adalah salah satu obligasi yang diterbitkan pemerintah, jadi secara sederhana pemerintah berhutang kepada rakyat yang membeli obligasi ini. ORI sudah ada sejak lama. ORI pertama kali ditawarkan pada tahun 2006 dengan seri ORI001, dan sekarang pemerintah sudah menawarkan ORI seri ORI019.

Karena investasi tidak melulu soal emas dan saham, ORI019 bisa menjadi pilihan investasimu. Pemerintah menawarkan bunga tetap 5,57% per tahun dengan waktu jatuh tempo obligasi selama 3 tahun. Bunga yang ditawarkan cukup menarik karena lebih tinggi dibandingkan bunga deposito bank yang karena kondisi pandemi hanya bisa menawarkan 3% sampai 3,5% saja per tahunnya. ORI dijamin oleh negara dan undang-undang, jadi risiko gagal bayar utang pastinya hampir tidak ada.

Jika kalian membeli ORI, maka bunga yang kalian dapat akan dibayarkan setiap bulannya, sehingga ORI bisa menjadi sumber pendapatan baru. ORI juga hanya bisa dibeli oleh Warga Negara Indonesia, jadi kita sebagai warga negara yang akan merasakan manfaatnya.

Yang menarik dari ORI seri ORI019 ini adalah ketika kita membeli ORI, ternyata kita ikut serta dalam pemulihan negara kita loh! Melalui ORI019, Pemerintah ingin mengajak rakyat untuk terlibat dalam program pemulihan ekonomi dan pembangunan nasional dan bersama-sama menjaga masa depan Indonesia pasca-pandemi Covid-19. Nantinya uang hasil penjualan ORI019 akan digunakan untuk pembiayaan APBN 2021 yang didalamnya termasuk pembiayaan untuk penanganan dan pemulihan dampak Covid-19. Ternyata kita bisa ikut serta membantu negara dengan membeli obligasi.

Pembelian ORI019 ada minimumnya, yaitu 1 juta rupiah. Jika ingin membeli lebih, bisa dengan kelipatan 1 juta dan maksimal 3 milyar rupiah per orang. ORI019 bisa dibeli di mitra distribusi seperti Bank, perusahaan sekuritas, dan perusahaan fintech. Caranya gampang, hanya tinggal hubungi salah satu mitra distribusi lalu lakukan registrasi dan langsung dapat memesan ORI019, mudah sekali.

Tidak perlu takut juga jika tiba-tiba butuh uang secara mendesak. ORI019 bisa diperjualbelikan antar investor. Jika sudah memiliki ORI019, kalian juga bisa melepas kepemilikan melalui mitra distribusi tempat kalian membelinya.

Aman, terjamin negara, bisa membantu negara, mudah, dan menguntungkan. ORI019 bisa menjadi salah satu pilihan investasimu di tahun 2021. Sekarang ORI019 sudah dalam masa penawaran. Masa penawaran dimulai dari 25 Januari 2021 sampai 18 Februari 2021, jadi kalau mau beli jangan sampai terlewat masa penawarannya. Mengutip slogan ORI019 "Pulihkan Negeri Bangkitkan Investasi", kita bisa berinvestasi dengan aman sambil ikut serta memulihkan negara kita yang sedang dilanda banyak bencana. Untuk informasi ORI yang lebih lengkap, kalian dapat mengunjungi website Kementerian Keuangan.

Sumber dan referensi: kemenkeu.go.id/ori

VIDEO PILIHAN