Mohon tunggu...
alexander christian
alexander christian Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Let's Start it

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Penerapan Prinsip BASIC Pada Media Sindonews.com

8 November 2021   09:51 Diperbarui: 8 November 2021   09:58 72 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Jurnalisme multimedia semakin hari semakin banyak. Apalagi ditambah adanya konvergensi media, menjadikan jurnalisme multimedia semakin berkembang pesat.

Sindonews.com merupakan salah satu contoh jurnalisme multimedia yang ada di Indonesia yang juga perkembangan.

Sindonews.com merupakan salah satu media dibawah manajemen PT. Sindonews Portal Indonesia (SPI) yang mulai berdiri pada 4 Juli 2012 

Melihat Sindonews.com merupakan sebuah jurnalisme multimedia (portal berita online), sehingga pada artikel ini kita akan membahas seputar prinsip yang digunakan oleh Sindonews.com, yaitu Prinsip BASIC.

Terdapat 5 prinsip yang terdapat dalam jurnalisme multimedia, Hal ini dirumuskan oleh Paul Bradshaw yaitu Brevity, Adaptation, Scannability, Interactivity, dan Community and Conversation.

Brevity (B)

Penyajian sebuah berita pada portal berita online, semestinya dibuat secara ringkas, atau tidak banyak memasukan kata-kata yang tidak diperlukan, hal ini juga termasuk ke audio maupun video.

Pada teks, pastikan artikel tidak terlalu panjang. Tetapi jika memang harus menggunakan teks panjang, jurnalis bisa membaginya menjadi beberapa paragraf masing-masing dengan fokus tertentu, atau memenang satu konsep per paragraf

Hal ini juga termasuk pada video dan audio, pada sebuah video maupun audio durasi yang paling lama adalah tiga menit, jika lebih dari itu akan terlalu lama.

Prinsip Brevity di Sindonews diterapkan dengan baik. Terlihat teks berita yang ada disajikan secara ringkas, sehingga nyaman untuk dibaca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan