Mohon tunggu...
alessandra acristie
alessandra acristie Mohon Tunggu... trying my best to write something here.

i hope my writings could be useful.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Klathak Pak Jede, Kuliner Wajib Wisatawan Yogyakarta

12 November 2019   00:23 Diperbarui: 12 November 2019   00:34 106 4 3 Mohon Tunggu...
Klathak Pak Jede, Kuliner Wajib Wisatawan Yogyakarta
Sumber: Foto Pribadi Alessandra

Yogyakarta merupakan kota dengan berbagai destinasi wisata dan juga kuliner pastinya. Selain Gudeg, ternyata Sate Klathak masuk dalam jejeran teratas makanan khas Yogyakarta yang wajib dicoba.

Sate Klathak Pak Jede Khas Jejeran ini berlokasi di Jl. Nologaten No. 46, Nologaten, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, DIY. Lokasinya yang cukup strategis ini membuatnya ramai pengunjung. 

Buktinya saja, dari Sate Pak Jede dapat ditempuh selama kurang lebih 9 menit dari Bandar Udara Adisucipto. Tak hanya itu, terdapat beberapa universitas dan tentu banyak kos-kosan disekitarnya.

Sebelum membahas lebih lanjut, sebenarnya apasih sate klathak itu? Sate klathak adalah sate yang identic dengan daging kambing yang ditusuk menggunakan jeruji besi dan dibakar dengan bumbu khasnya. 

Cukup unik bukan? Biasanya sate klathak disuguhkan dalam 2 tusuk jeruji besi, nasi dan kuah tongseng per-porsinya. Jangan khawatir teman, potongan dagingnya cukup besar sehingga dijamin bakal kenyang.Pak Haris merupakan pengelola tempat makan yang sudah cukup memiliki nama ini. 

Pria berusia 35 tahun ini mengaku telah merintis usaha kuliner ini sejak Oktober 2013 atau sudah kurang lebih 6 tahun. "Iya Mbak, tempat ini sudah berdiri kurang lebih 6 tahun, terhitung sejak Oktober lalu." Tempat makan satu ini buka dari jam 11 siang hingga 11 malam.

Sumber: Foto Pribadi Alessandra
Sumber: Foto Pribadi Alessandra
Parkiran yang luas, tempat makan yang luas serta pelayanan yang sangat baik membuatnya selalu dirindukan para pecinta sate klathak. Pak Haris mengaku bahwa sate Klathak memiliki banyak saingan, apalagi di Jl. Imogiri yang sudah sangat terkenal. Namun hal tersebut tak membuatnya takut, baginya Sate Pak Jede memiliki kekhasannya sendiri.

Hal ini dapat dilihat dari daging kambing yang sangat gurih dan kaya rasa. Tak tanggung-tanggung, ia memberitahu saya mengenai bumbu yang digunakan untuk satenya. 

Sumber: Foto Pribadi Alessandra
Sumber: Foto Pribadi Alessandra

"saya buka-bukaan aja ya, Mbak. Kami cuma menggunakan garam, bawang putih dan kemiri sebagai bumbunya dengan komposisi yang sudah ditentukan, tidak ada yang lain." Tuturnya saat ditemui di Sate Pak Jede. 

Selain Sate Klathak, Pak Jede juga menyediakan beberapa menu berbahan dasar kambing lainnya seperti, sate bakar/ goreng, tengkleng, tongseng, nasi goreng kambing, gulai, dan juga kicik. Harga yang ditawarkan juga relatif terjangkau dan setara dengan rasa serta pelayanan yang diberikan. Kisarannya dimulai dari Rp. 22,000.00 hingga Rp. 28,000.00 per-porsinya.

Sumber: pulung.net
Sumber: pulung.net
Sejarah Sate Klathak Pak Jede Khas Jejeran
Sate Klathak sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Walaupun dalam perkembangannya banyak mengalami inovasi-inovasi. Pak Haris yang berasal dari Jejeran yang merupakan salah satu tempat para penjual sate klathak bersaing.

Sumber: Foto Pribadi Alessandra
Sumber: Foto Pribadi Alessandra
Saat itu, ia berpikir mengapa ia tak membawa Klathak Khas Jejeran ke kota Yogyakarta dibandingkan warga Jogja yang harus ke sana. Pemikiran yang sangat ekonomis dan membuahkan hasil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN