Mohon tunggu...
Alek Kurniawan
Alek Kurniawan Mohon Tunggu... Penulis - Blogger

Seorang penulis yang bercita-cita menapakkan kaki di lima benua.

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

3 Tips Perusahaan Logistik Wujudkan Transformasi Digital

12 Januari 2022   11:33 Diperbarui: 17 Januari 2022   10:10 630
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Transformasi digital perusahaan logistik (Foto: iStockPhoto)

Industri shipping dan logistik Indonesia saat ini sedang gencar melakukan transformasi digital. Bukan tanpa sebab, Indonesia dikelilingi oleh 17.500 pulau dan 300 juta konsumen terhubung sudah terhubung secara digital. Hal ini pun menjadi peluang besar bagi perusahaan logistik.

Namun, pada saat yang sama, industri logistik masih menghadapi tekanan krisis akibat Covid-19. Permintaan yang melonjak membuat terjadi kemacetan di pelabuhan. Ada pula perubahan aturan tentang cara mengemas, menangani, melacak, dan mengirim produk membuat perusahaan logistik harus senantiasa melakukan perubahan.

Terlepas dari tantangan tersebut, beberapa perusahaan melihatnya sebagai peluang dengan memanfaatkan teknologi digital dan data pelanggan untuk menjadi perusahaan yang lebih cepat, lebih ramping, dan lebih mudah beradaptasi dengan kebutuhan pelanggan yang terus berubah.

Hal itu telah menginspirasi kolaborasi baru antara perusahaan logistik dan perusahaan digital untuk bekerja sama mempercepat perjalanan transformasi digital. Adapun transformasi digital tak melulu tentang perubahan semata.

Transformasi digital juga tentang manusia dan bagaimana menggunakan data, teknologi cerdas, serta analitik untuk mendapatkan proses kerja yang lebih optimal. Melansir laman Schneider Electric, berikut tiga tips prioritas untuk memanfaatkan perjalanan transformasi digital perusahaan.

1. Utamakan pelanggan

Perusahaan konsumen, seperti Amazon, Tokopedia, dan Shopee, menggunakan data untuk memprediksi apa yang diinginkan pelanggan. Kabar baiknya, perusahaan logistik dan pengiriman juga sudah memiliki semua data yang dibutuhkan untuk menciptakan pengalaman luar biasa bagi pelanggan.

Namun, mereka membutuhkan keahlian teknologi dan analitik untuk mengubah data tersebut menjadi wawasan yang dapat ditindaklanjuti. Di situlah kemitraan dengan pakar digital dapat membantu mereka menutup kesenjangan.

Mitra digital membawa pandangan segar dan ide-ide baru ke industri logistik, membantu perusahaan mengungkap peluang tersembunyi dalam data mereka, menerapkan teknologi analitik untuk mendorong strategi bisnis baru, dan menggunakan data cuaca untuk memprediksi waktu pengiriman lebih akurat.

2. Perlakukan data sebagai alat, bukan solusi

Ketika perusahaan logistik menerapkan teknologi analitik data, mereka dapat mengungkap insight tersembunyi guna mendorong hasil bisnis lebih baik. Namun, insight ini tidak akan muncul begitu saja dari kumpulan data yang ada.

Oleh karena itu, perusahaan bisa memanfaatkan teknologi cerdas, termasuk artificial intelligence dan machine learning untuk menemukan informasi yang relevan di lautan data. Teknologi-teknologi ini akan bekerja secara optimal melalui algoritma yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

3. Kepemimpinan adalah kunci

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun