Mohon tunggu...
Aldy RizkyPrayoga
Aldy RizkyPrayoga Mohon Tunggu... Seniman - mahasiswa

Suka senang senang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Indahnya Berbagi di Tengah COvid-19 dalam Kegiatan KKN Tematik UPI 2022

19 Agustus 2022   22:00 Diperbarui: 19 Agustus 2022   22:03 36 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Universitas Pendidikan Indonesia kembali mengadakan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik ditengah pandemi covid-19 pada tahun 2022. Pelaksanaan kegiatan KKN ini pun disebar berdasarkan wilayah tempat tinggal masing masing agar mampu memaksimalkan kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat di tempat tinggal mahasiswa. Tema yang diangkat Kampus UPI dalam KKN Tematik tahun ini yaitu "Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's Desa dan Rekognisi MBKM -- Purpesnas Kemendibudristek".

Mahasiswa Kelompok 29 yang terdiri dari 30 Orang dari berbagai jurusan dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan Fahry Ahmad, S.Par., M.M.Par diposisikan untuk melaksanakan KKN di Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung.

Kegiatan KKN Kelompok 29 ini di sebar menjadi 5 Kelompok kecil untuk diposisikan di Kelurahan Cipedes, Kelurahan Sukabungah, Kelurahan Sukawarna, Kelurahan Pasteur, dan Kelurahan Sukagalih. Pembentukan kelompok kecil ini dilakukan dengan alasan agar kegiatan KKN di Kecamatan Sukajadi ini dapat menyeluruh kepada warga Sukajadi.

Mahasiswa yang ditempatkan di Kelurahan Cipedes melakukan salah satu program kegiatannya yaitu bakti sosial yang berlangsung di RW 05 Kelurahan Cipedes, dalam kegiatan ini Mahasiswa berkolaborasi dengan Kelompok KAKALITA yaitu kelompok yang rutin melakukan kegiatan bakti sosial tiap minggunya, sasaran yang dipilih untuk pembagian baksos ini adalah orang yang kurang mampu, anak yatim piatu, kaum dhuafa dan lansia.

Dalam kegiatan bakti sosial ini kita membagikan berupa nasi box, buah buahan dan makanan ringan (untuk anak anak), pembagian baksos ini dilakukan terhadap seluruh RT di RW 05 dengan mengunjungi tiap rumah secara langsung, warga pun sangat terbantu dengan kegiatan baksos ini dan berharap kegiatan bakti sosial ini terus dilakukan.

Angka kemiskinan di Kelurahan Cipedes di RW 05 ini memang tidak begitu tinggi, tetapi hal yang terpenting yaitu kita harus meningkatkan kepedulian kita terhadap sekitar kita yang kurang mampu, karena sejatinya sedekah itu tidaklah mengurangi harta melainkan akan menambah amal dan harta kita yang kelak akan dibalas oleh Allah SWT.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan