Mohon tunggu...
ALDYAN KRISHA PAMUNGKAS
ALDYAN KRISHA PAMUNGKAS Mohon Tunggu... Economic Development UNS

Optimis!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN Mahasiswa UNS Era Covid-19 Dorong Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sebagai Upaya Mencegah Penyebaran Covid-19

4 Juli 2020   23:25 Diperbarui: 4 Juli 2020   23:54 14 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Mahasiswa UNS Era Covid-19 Dorong Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sebagai Upaya Mencegah Penyebaran Covid-19
dok. pribadi

Universitas Sebelas Maret Surakarta mendorong perilaku gaya hidup sehat di Jati Baru Rt 02/05 Desa Cemani Grogol Sukoharjo melalui program Kuliah Kerja Nyata atau KKN Era Covid-19.

Covid-19 dalam masa ini, menghindari keramaian adalah upaya preventif yang paling efektif untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Upaya social distancing, isolasi mandiri, dan penerapan PHBS dapat dilakukan oleh siapapun. Diiringi dengan asupan gizi seimbang dan aktif beraktivitas (olahraga), upaya mitigasi yang dilakukan akan membawa dampak positif.

Diharapkan, dengan menggalakkan kampanye #diamdirumah dan membiasakan diri mencuci tangan, masyarakat Indonesia akan terhindar dari COVID-19. Melalui program yang dijalankan, senantiasa mendukung pembiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Ditengah maraknya pencegahan pandemi COVID-19, Universitas Sebelas Maret Surakarta menerjunkan Mahasiswa KKN, tidak terkecuali adalah penerjunan di Kabupaten Sukoharjo, terkhusus di Jati Baru Rt 02/05 Cemani. dengan tema "Ketahanan Pangan". Dengan adanya KKN ini diharapkan masyarakat dapat hidup mandiri dan produktif untuk menjaga pangan selagi masa COVID-19 di daerah KKN terutama di Jati Baru Rt02/05 Cemani Grogol Sukoharjo.

Adapun beberapa program kerja yang dilaksankan dalam kegiatan KKN yaitu Pemahaman Covid-19 Melalui Media Sosial dan Cetak yang dilaksanakan dengan memposting poster dan video edukasi secara daring media sosisal yang dilaksanakan melalui media Instagram maupun Whatsapp Group mengenai langkah pencegahan dan menjaga diri dari covid 19, update covid 19 dan himbauan covid - 19, cara pencegahan covid-19, cara memakai masker yang benar, edukasi social distancing/physical distancing, langkah-langkah cuci tangan pakai sabun yang baik dan benar, berbagai tips seperti tips menjaga daya tahan tubuh, tips pencegahan di tempat kerja, pencegahan di kendaraan umum dan lain-lain. Selain itu edukasi tentang cara pembuatan kolam lele dan sayuran kangkung dengan media ember melalui media sosial berupa whatsapp group Rt Jati Baru Cemani, selanjutnya Program Edukasi tentang Cara mencuci tangan dengan 7 langkah yang efektif sehingga masyarakat dapat menerapkan kegiatan tersebut dalam kehidupan sehariannya. Selain itu masyarakat juga mendapat edukasi tentang cara menanam cabe yang efektif sehingga dapat diterapkan dirumah masing-masing.

(Penulis: Aldyan Krisha Pamungkas / Mahasiswa /Ekonomi Pembangunan / UNS)

VIDEO PILIHAN