Mohon tunggu...
Aldwin Pranoto
Aldwin Pranoto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Desain Interior

Mahasiswa Universitas Kristen Petra, Jurusan Desain Interior

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Harga BBM Naik, Apa Hubungannya dengan Furniture?

21 November 2022   20:00 Diperbarui: 21 November 2022   20:00 160
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by Tom Fisk from Pexels via pexels.com 

Resmi diumumkan oleh Pemerintah Indonesia, bahwa harga produk Bahan Bakar Minyak (BBM) yang terdiri dari kategori penugasan, subsidi, hingga non subsidi mengalami kenaikan. 

Kenaikan harga Bahan Bakan Minyak tersebut terjadi pada hari Sabtu, 03 September 2022 pukul 14.30 WIB tepat satu jam setelah pengumuman kenaikan harga pukul 13.30 WIB. Melonjaknya harga Bahan Bakar Minyak ini disebabkan oleh naiknya harga minyak dunia sehingga pemerintah tidak sanggup lagi menahan harganya dan memutuskan untuk menaikkan harga Bahan Bakar Minyak di Indonesia.

Kenaikan Bahan Bakar Minyak ini berdampak pada banyak aspek. Sebagian besar aspek pekerjaan, ekonomi, dan psikologis mengalami dampak negatif yang besar akibat kenaikan harga ini. 

Tentunya, kenaikan harga ini akan berakibat pada sektor-sektor pekerjaan dan aspek lainnya. Bidang interior desain juga tidak terlepas dari dampak besar yang diberikan oleh kenaikan harga BBM ini. Lantas, apa dampak yang diberikan oleh kenaikan harga Bahan Bakar Minyak tersebut terhadap bidang interior furniture atau perabotan?

1. Pengiriman Furniture atau Perabotan

Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak ini berdampak khususnya kepada kendaraan transportasi yang berbahan bakar minyak. Segala macam transportasi seperti kendaraan pribadi, umum, dan logistik tentunya terdampak akibat kenaikan harga BBM ini. 

Akibatnya, akan ada kenaikan harga juga dalam proses pengiriman, atau jasa pengiriman barang, termasuk pengiriman furniture karena jasa pengiriman pasti menyesuaikan kenaikan harga BBM dengan tarif pengirimannya.  

2. Biaya Produksi

Terlepas dari bahan bakar minyak untuk transportasi pengiriman, harga bahan bakar minyak yang naik juga berdampak pada saat produksi perabotan. Mesin-mesin yang menggunakan bahan bakar minyak, tentunya mengalami kenaikan biaya pada saat memproduksi furniture. Kenaikan ini tentunya akan berdampak pada struktur produksi mebel dari bahan baku, dan bahan penunjang sebesar 60-70%.

Photo by Helena Lopes from Pexels via pexels.com
Photo by Helena Lopes from Pexels via pexels.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun