Mohon tunggu...
Aldo Theodorus
Aldo Theodorus Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Suka menulis untuk menambah ilmu

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Apakah Customer Service Agent Akan Tergantikan dengan Chatbot?

14 April 2021   10:13 Diperbarui: 14 April 2021   12:12 260
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Source: Customer Service Agent created by Pompixs - www.freepik.com

Customer servcie agent merupakan salah bagian penting dari sebuah bisnis yang bisa dibilang sebagai ujung tombak. Hal ini karena customer service agent lah yang akan menghadapi customer atau audience bisnis Anda.

Namun, seiring berjalannya dan berkembanganya teknologi, saat ini hadir sebuah solusi untuk customer service Anda yang bisa membarikan respon dengan cepat yaitu chatbot.

Bisa dibilang chatbot merupakan sebuah fitur yang saat ini banyak digunakan oleh customer service berbagai bisnis. Chatbot sendiri memang punya keunggulan dalam hal membalas pesan dengan cepat.

Dengan membalas pesan dengan cepat, bisa dibilang customer experience yang dirasakan oleh customer Anda akan lebih baik. Oleh karena itu, bisnis sering sekali menggunakan chatbot.

Lalu, tentunya akan timbul pertanyaan, sebenarnya mana yang lebih baik? Apakah customer service agent atau chatbot yang harus digunakan dalam sebuah bisnis saat ini?

Sebenarnya jawaban dari pertanyaan ini sangat gampang. Keduanya bisa dibilang harus saling melengkapi. Hal ini karena, mau secanggi apa pun chatbot tentunya akan ada kekurangan juga.

Kekurangan ini tentunya dari segi jawaban yang mungkin kurang memuaskan untuk customer. Oleh karena itu, maka diperlukan customer service agent yang membantu menjawab dengan lebih baik lagi.

Selain itu, adanya customer service agent juga membantu customer atau audience yang menghubungi Anda merasa lebih dekat karena dibalas langsung oleh agent yang ada.

Nah, saat ini sendiri chatbot bisa dibilang tersedia diberbagai platform. Salah satunya adalah lewat WhatsApp Business API. Bisa dibilang platform komunikasi ini memang cocok untuk bisnis Anda. Apa lagi WhatsApp Business API bisa membantu komunikasi customer agent Anda dengan customer lebih mudah.

Layanan chatbot sendiri saat ini juga disediakan oleh banyak platform dan penyedia layanan yah. Salah satu contoh adalah Wappin yang dimana juga menyediakan layanan chatbot ini pada WhatsApp Business API.

Jadi Anda tentu sudah paham bukan bahwa customer service agent tidak akan tergantikan dengan chatbot. Malah keduanya akan saling melengkapi!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun