Mohon tunggu...
Aldo Theodorus
Aldo Theodorus Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Suka menulis untuk menambah ilmu

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Apakah Chatbot Membantu Meningkatkan Customer Experience?

23 September 2020   19:03 Diperbarui: 23 September 2020   19:07 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Source: People photo created by wayhomestudio - www.freepik.com

Chatbot merupakan salah satu teknologi yang sering Anda dengar bahkan rasakan pastinya. Chatbot sendiri merupakan aplikasi atau teknologi yang mampu membantu Anda membalas pesan dengan cepat yang dimana memiliki kemampuan AI sendiri.

Secara sederhana, chatbot bisa dibilang sebagai bot yang memiliki kecerdasaan sendiri yang mampu beroperasi sendiri. Dengan memiliki kemampuan seperti itu, akhirnya chatbot berkembang seiring waktu digunakan untuk membantu menagani customer.

Salah satu alasan kenapa chatbot digunakan untuk menangani customer adalah karena mampu meningkatkan customer expereince yah.

Customer experience yang terdiri dari berbagai indikator didalamnya terdapat indikator waktu merespon customer service. Dimana seberapa cepat Anda membalas bisa memegaruhi kualitas customer experience Anda.

Untuk menyiasati hal tersebut, biasanya banyak perusahaan atau bisnis menggunakan chatbot untuk customer service mereka agar meningkat waktu membalas.

Chatbot yang memiliki kemampuan membalas dimana saja bisa menjadi solusi juga untuk bisnis Anda yang mungkin sudah melayani banyak customer.

Dengan kemampuan membalas yang cepat tak heran chatbot menjadi solusi untuk menaikan customer experience pada bisnis. Namun, tentu chatbot tidak bisa berdiri sendiri.

Biasanya chatbot akan dibarengi dengan platform customer service yang mempuni yah. Tanpa adanya platform customer service, chatbot tidak akan bisa berguna sama sekali.

Beberapa platform customer service yang bisa digunakan bersama chatbot sendiri antara lain live chat, WhatsApp Business API Wappin, Twitter eck, dan beberapa platform customer service lain yang berbasis chating.

Chatbot saat ini masih terus berkembang seiring berjalan waktu dan tidak bisa dimungkiri kedepannya chatbot bisa saja berkembang lebih jauh lagi tidak hanya sekadar menjadi fitur dalam membantu meningkat customer experience yah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun