Mohon tunggu...
Aldo Theodorus
Aldo Theodorus Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Suka menulis untuk menambah ilmu

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Apa Platform Customer Service yang Cocok untuk Bisnis?

14 September 2020   20:37 Diperbarui: 14 September 2020   20:39 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Source: Technology vector created by freepik - www.freepik.com

Platform customer service merupakan hal yang penting dalam sebuah bisnis. Tentu peran platform customer service bisa dibilang sangat membantu customer service agent.

Dalam sebuah bisnis, jika customer service agent tidak menggunakan platform customer service yang tepat, maka kualitas customer servicenya juga akan sangat kurang.

Oleh karena itu, wajib dalam sebuah bisnis yang memiliki customer service untuk menggunakan platform customer service.

Lalu, platform customer service apa yang saat ini sangat cocok untuk digunakan?

Sebenarnya ada banyak platform customer service yang bisa digunakan, yuk kita bahas satu persatu!

1. Telepon

Telepon merupakan platform customer service yang mungkin sudah semua orang ketahui. Bisa dibilang hingga saat ini masih banyak yang menggunakan telepon sebagai platform customer service mereka.

Namun, sebenarnya platform ini bisa dibilang kurang efektif karena sangat mahal dan membeani customer terkadang.

Walau begitu, platform ini memiliki keunggulan dapat langsung berinteraksi dengan customer menggunakan suara.

2. Chating

Chating adalah salah satu platform customer service terbaru yang bisa digunakan oleh setiap bisnis saat ini. Banyak bentuk platform customer service dalam bentuk chat yah.

Mulai dari live chat hingga chat berbentuk aplikasi seperti biasa. Salah satu contoh platform customer service chat yang bisa digunakan adalah WhatsApp Business API Wappin yah.

Platform chating ini mampu membantu Anda berinteraksi dengan customer menggunakan aplikasi WhatsApp dan harganya tentu lebih terjangkau dibandingkan customer service telepon.

3. Email

Selain kedua platform di atas, ada juga platform customer service berbentuk email. Tentu anda bertanya apa bedanya platform customer dengan email dan dengan WhatsApp Business API Wappin?

Sebenarnya cukup beda karena jika lewat email Anda tidak akan seintens berkomunikasi seperti saat melalui chat yah. Namun, bukan berarti platform ini tidak bagus yah.

Anda tetap bisa menggunakan platform ini dengan baik untuk customer service Anda.

Nah, jadi itu dia 3 platform customer yang bisa Anda gunakan dalam bisnis Anda. Kira-kira platform mana yang sudah diguanakan oleh Anda saatr ini?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun