Mohon tunggu...
Aldo Nurhuda
Aldo Nurhuda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Teknologi Pendidikan - UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Mahasiswa Semester 5 Jurusan Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Pendampingan Pembuatan Video Pembelajaran sebagai Upaya Pemanfaatan Sumber Belajar untuk Guru di Desa Cisaat

21 September 2022   02:01 Diperbarui: 21 September 2022   02:06 173 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lokasi Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat Program Studi S1 Teknologi Pendidikan FIP UNJ 2022 (Dokpri)

Perkembangan teknologi yang pesat saat ini menyebabkan semua sektor berlomba untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi yang ada, termasuk dalam bidang pendidikan. 

Perkembangan teknologi memiliki sejuta manfaat dan jika tidak segera memanfaatkannya maka akan tertinggal dari yang lain. Pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang efektif dan efisien dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. 

Salah satu cara untuk mengimplementasikannya yaitu dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini menjadi berbagai jenis sumber belajar yang dapat digunakan oleh siswa untuk belajar. 

Walaupun demikian, berbagai permasalahan terjadi dalam pelaksanaannya. Salah satunya yaitu pemanfaatan sumber belajar berbasis teknologi masih belum menyeluruh di Indonesia, khususnya jenjang sekolah dasar. Seperti yang diketahui bahwa pembelajaran merupakan hasil dari memori, kognisi dan metakognisi yang berpengaruh terhadap pemahaman siswa (Huda, 2013). 

Media pembelajaran memegang peran besar dalam proses belajar mengajar karena dapat membangkitkan keinginan, minat,  motivasi, dan  rangsangan siswa untuk belajar (Arsyad, 2011). 

Namun, pada kenyataanya pembelajaran yang dilaksanakan di kelas hanya fokus pada penguasaan teori dan kurang memanfaatkan media sebagai perantara pesan pembelajaran di kelas. Hal itu terjadi karena tidak semua guru dapat memanfaatkan teknologi sebagai sumber dan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian serta memberikan pengalaman secara langsung kepada siswa dalam belajar. 

Sebagai upaya dalam mengatasi permasalahan tersebut, Program Studi S1 Teknologi Pendidikan FIP UNJ 2022 melaksanakan serangkaian acara pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di Desa Cisaat, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan mengusung tema Pemberdayaan Guru melalui Evaluasi Pemanfaatan Sumber belajar di Desa Cisaat.  

Tim Pengabdian kepada Masyarakat yang terdiri dari dosen dan mahasiswa datang langsung pada tanggal 28 juli 2022 ke SDN Cisaat untuk memberikan pelatihan dan bimbingan kepada guru-guru di Desa Cisaat. 

 Foto Bersama Dosen, Mahasiswa, dan Guru-guru Peserta Pengabdian di Desa Cisaat (Dokpri)
 Foto Bersama Dosen, Mahasiswa, dan Guru-guru Peserta Pengabdian di Desa Cisaat (Dokpri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan