Mohon tunggu...
Aldo Mahendra
Aldo Mahendra Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Hanya manusia biasa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Posyandu Ceria dengan Edukasi Parenting dan Gizi Ibu Hamil di Dusun Paya Lhok oleh Mahasiswa KKN Unimal Kelompok 090

29 November 2021   18:09 Diperbarui: 29 November 2021   18:11 92 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

LHOKSEUMAWE  || Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 090 melakukan kegiatan Posyandu (Edukasi Parenting dan Gizi ibu hamil) di Dusun Paya Lhok, Desa Paya Punteuet , Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe pada Rabu (16/11/2021).

Ketua KKN-PPM Kelompok 090 Gampong Paya Punteuet, Reza mengatakan,"antusias para ibu-ibu  yang mengikuti kegiatan posyandu sangat baik dalam mengikuti semua rangkaian kegiatan, dimulai dari tahap registrasi dilanjutkan dengan pencatatan dan pemeriksaan tumbuh kembang anak, pembagian brosur parenting dan gizi untuk kehamilan, hingga pembagian buah tangan kepada anak-anak oleh mahasiswa KKN-PPM 090 acara berjalan sukses dan lancar dan ditutupi dengan kegiatan foto bersama".

"Kegiatan ini sendiri sangat penting untuk melihat tumbuh kembang anak ,disampimg merupakan kegiatan bulanan yang diadakan di Desa Paya Punteuet,kegiatan edukasi tentang parenting dan pemenuhan gizi pada ibu hamil merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh ibu-ibu untuk tumbuh kembang anak nya " jelas Reza.

"Dengan meng-edukasi bagaimana kegiatan parenting dan gizi kehamilan yang benar di harapkan ibu-ibu bisa diterapkan pada anak nya agar anak dapat bertumbuh dengan baik  ", tambahnya.

Sementara itu, Mahasiswa KKN PPM 090 di dampingi oleh pihak puskesmas yaitu " IULEN FEBRINA ASRI.S,Am Keb" mengatakan "penyampaian materi edukasi tentang Parenting dan pemenuhan gizi bersamaan dengan kegiatan posyandu memberikan manfaat yang besar untuk ibu-ibu agar dikemudian hari bisa mendidik anak dengan baik dan benar serta pemenuhan gizi yg baik ".

"Kami mendukung dan mengapresiasi upaya mahasiswa KKN. Hal ini merupakan hal yang penting untuk diedukasi pada ibu-ibu di Desa Paya Punteuet.Selain itu,pemberian buah tangan dari mahasiswa KKN 090 berupa balon untuk anak-anak membuat suasana semakin meriah dikarenakan biasa nya tidak seramai ini yang melakukan pemeriksaan, " imbuhnya.

Tanggapan dari Dosen Pembimbing KKN-PPM kelompok 090 Bu Dwi Irmadhani, S.Psi, M.Psi., Psikolog yaitu "Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat dibutuh kan oleh masyarakat terutama ibu-ibu yang hamil atau mempunyai anak di usia golden age,dikarenakan stimulasi atau parwnting yang baik saat usia golden age bisa membuat anak tumbuh dan berkembang dengan baik di kemudian hari "ujar beliau.

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 090 KKN Unimal terdiri dari ketua kelompok, Mohd Reza Bahlia (180610025) Pendidikan Dokter, Annisa Amelia Lubis (180610074) Pendidikan Dokter, Annisaul Ula (180610021) Pendidikan Dokter, Elena Permatasari (180230017) Antropologi, Maghfiratun Misla (180430138) Ekonomi Pembangunan, Gina Sonia Rahmah (180610075) Pendidikan Dokter, Meutia Muadzah (180430165) Ekonomi Pembangunan, Moulida aziza (180610079) Pendidikan Dokter, Nurul A'la (180230016) Antropologi.

Kegiatan diawali dengan registrasi yang dilakukan untuk pencatatan data,kemudian melakukan pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak dari puskesmas dan dibantu oleh Mahasiswa KKN PPM 090 dalam pemeriksaan berupa tinggi dan berat badan anak-anak. Kemudian dilanjutkan dengan pengisian buku tumbuh kembang anak yang di miliki oleh ibu-ibu untuk mencatat tumbuh kembang anaknya. 

Selanjutnya kegiatan pembagian brosur tentang parenting dan pemenuhan gizi ibu hamil serta sedikit edukasi kepada ibu-ibu,kegiatan akhir yaitu pembagian bingkisan dan buah tangan kepada ibu dan anak-anaknya  yang berpartisipasi dalam kegiatan posyandu pada hari ini,serta sesi poto bersama menutup semua kegiatan Postandu pada hari ini

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan