Mohon tunggu...
Aldiridhokurniawan
Aldiridhokurniawan Mohon Tunggu... Gemar berolahraga

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Kesadaran Melestarikan Lingkungan Hidup

14 April 2021   11:32 Diperbarui: 14 April 2021   11:37 265 3 1 Mohon Tunggu...

OLEH ALDI RIDHO KURNIAWAN (2032017004)

DIPUBLIKASIKAN APRIL, 2021

Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik, yang mencakup wilayah dan komponen-komponennya yang banyak dipengaruhi oleh manusia. Pada mulanya masalah lingkungan hidup merupakan masalah alami, yakni peristiwa-peristiwa yang terjadi sebagai bagian dari proses natural.

Proses natural ini terjadi tanpa menimbulkan akibat yang berarti bagi tata lingkungan itu sendiri dan dapat pulih kemudian secara alami (homeostasi).

Akan tetapi, sekarang masalah lingkungan tidak lagi dapat dikatakan sebagai masalah yang semata-mata bersifat alami, karena manusia memberikan faktor penyebab yang sangat signifikan, secara variabel bagi peristiwa-peristiwa lingkungan. Tidak bisa disangkal bahwa masalah-masalah lingkungan yang lahir dan berkembang karena faktor manusia jauh lebih besar dan rumit dibandingkan dengan faktor alam itu sendiri.

Manusia dengan berbagai dimensinya, terutama dengan faktor mobilitas pertumbuhannya, akal pikiran dengan segala perkembangan aspek-aspek kebudayaannya, dan begitu juga dengan faktor proses masa atau zaman yang mengubah karakter dan pandangan manusia, merupakan faktor yang lebih tepat dikaitkan kepada masalah-masalah lingkungan hidup.

Oleh karena itu, persoalan-persoalan lingkungan seperti krusakan sumber daya alam, penyusutan cadangan-cadangan hutan, musnahnya berbagai spesies hayati, erosi, banjir, bahkan jenis-jenis penyakit yang berkembang terakhir ini, diyakini merupakan gejala-gejala negatif yang secara dominan bersumber dari faktor manusia itu sendiri.

Lingkungan hidup di Indonesia perlu ditangani dikarenakan adanya beberapa faktor yang mempengaruhinya, salah satunya yaitu adanya masalah mengenai keadaan lingkungan hidup seperti kemerosotan atau degradasi yang terjadi di berbagai daerah.

Secara garis besar komponen lingkungan dapat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok biotik (flora darat dan air, fauna darat dan air), kelompok abiotik ( sawah, air dan udara) dan kelompok kultur (ekonomi, sosial, budaya serta kesehatan masyarakat).

Sejauh ini pelestarian lingkungan, mencoba untuk mempertahankan kondisi wilayah sekarang dari keberadaan manusia atau wilayah yang belum tersentuh oleh manusia.

Hal ini disebabkan karena banyak umat manusia yang telah merambah ke lingkungan dengan laju pertumbuhan untuk berbagai keperluan yang diberikan kepada pertanian, industri, perumahan, pariwisata dan perkembangan manusia lainnya sehingga kita kehilangan banyak daerah alami.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x