Mohon tunggu...
Aldira Putra
Aldira Putra Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Nikmati Sensasi Balap Kelas Formula di Ibu Kota

18 Januari 2020   21:31 Diperbarui: 18 Januari 2020   21:33 16 0 0 Mohon Tunggu...

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memastikan bahwa Jakarta akan menjadi tuan rumah Formula E di tahun 2020 nanti.          Semua persiapan terkait penyelengaraan sudah di bahas pada bulan Agustus lalu. Anies Baswedan mengatakan pengumuman resmi Formula E Jakarta pada hari Jumat (20/9) lalu.

Anies mengaku bangga Jakarta bisa menjadi tuan rumah Formula E, ini merupakan acara yang penting bagi Jakarta. "Bagi Jakarta ini adalah langkah untuk berada di orbit global, tapi juga mendorong Jakarta melakukan transformasi karena masalah lingkungan hidup," ujar Anies.  (CNN, 2019) . Formula E Jakarta akan dilaksanakan pada musim 2019/2020 .

Apa itu Fomula E ? Menurut fiaformulae.com, website resmi Formula E, balapan Formula E adalah seri balap mobil listrik kelas internasional pertama di dunia. Formula E bukan hanya sekedar balapan tetapi sebagai pengujian teknologi desain kendaraan listrik dan sebagai promosi kendaraan bebas polusi udara untuk dunia.

Berikut sedikit sejarah mengenai Formula E Proposal untuk kejuaraan balap mobil listrik mobil kursi tunggal berbasis kota, disusun oleh Jean Todt, presiden dari badan pengatur balap motor dunia,

Federasi Otomotif Internasional (FIA), dan dipresentasikan kepada politisi Alejandro Agag, Antonio Tajani dan aktor Italia Teo Teocoli saat makan malam di restoran Italia di Paris pada 3 Maret 2011.

Jika keputusan kamu sudah bulat untuk menonton Formule E Jakarta maka siapkan kalendermu Formula E Jakarta akan dilaksanakan pada tanggal 6 Juni 2020. Mumpung masih ada waktu maka kita bisa menabung dulu nih untuk membeli tiket nya, karna ini balap sekelas Formula maka pasti harga tiket nya yang tidak murah juga belum lagi ini dilaksanakan di tengah ibu kota dan mengelilingi Monumen Nasional.

Persiapan demi persiapan oleh pemerintah agar Formula E Jakarta berjalan dengan baik, pemerintah sendiri lewat pemerintah daerah kabarnya harus mengirim uang kepada Federasi Otomotif Internasional (FIA) Formula E. Jumlahnya adalah 24 juta dola AS atau setara 345 miliar rupiah. Rencana awal, dana tersebut akan diberikan  lewat APBD Jakarta.

Pemprov DKI Jakarta mengatakan ada dua calon trek balap yang akan digunakan untuk Formual E Jakarta nanti. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan dua rute ini sudah disetujui oleh pihak penyelenggara Formula E.

Pilihan Sirkuit pertama yang akan dijadikan trek dimulai dari: Silang Monas Tenggara - MI Ridwan Rais- Tugu Tani - MI Ridwan Rais - Merdeka Selatan - Wisma Antara - Kedubes AS- Silang Monas Tenggara.

Pilihan lainnya yaitu berada di jalan: Silang Monas Selatan - belakang Gambir - Ridwan Rais - Merdeka Selatan - Bundaran Patung Kuda - Silang Monas Selatan.

Kenapa FIA milih Jakarta untuk dijadikan salah satu treknya ? Fdration Internationale de l'Automobile (FIA) selaku penyelenggara Formula E menjelaskan alasan pemilihan Jakarta sebagai salah satu tuan rumah pegelaran Formula E. Jakarta dinilai memiliki visi sama dengan FIA soal perbaikan iklim.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x