Mohon tunggu...
Refaldi SetiawanPulumoduyo
Refaldi SetiawanPulumoduyo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNG

.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik Periode II UNG 2021: Program SDGs "Pembangunan Jamban dan Kandang Ayam Broiler" di Desa Gandaria

28 Oktober 2021   13:19 Diperbarui: 28 Oktober 2021   13:22 192 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun


Mahasiswa KKN Tematik Universitas Negeri Gorontalo, melaksanakan program pengabdian pada desa membangun di desa Gandaria, Kecamatan Tolangohula dengan jumlah mahasiswa 15 Orang dari 5 fakultas yang berbeda. Kegiatan KKN Tematik berlangsung pada 15 September hingga 3 Oktober 2021. Dalam kegiatannya, mahasiswa KKN Tematik UNG melaksanakan 9 program, yakni 2 program inti yang mengacu pada RPJMDes dan RKPDes serta 7 program tambahan yang mengacu pada kondisi masyarakat desa Gandaria.Dari 9 program tersebut, ada 2 program yang mengacu pada SDGs, dan mahasiswa KKN Tematik berhasil turut andil dalam melaksanakan program pemerintah desa Gandaria. Menurut aparat desa, keikutsertaan mahasiswa KKN UNG tersebut sangat membantu terlaksananya program desa Gandaria. Adapun Program Pembangunan Jamban dan Kandang Ayam desa Gandaria mendukung program SDGs yaitu penuntasan kemiskinan, perekrutan tenaga kerja dan perbaikan lingkungan yang termasuk pada SDGs ke 1, 3, 7, 9, 11, 15 & 17.

Pembangunan kandang ayam didirikan pada bulan Januari 2021 yang bertempat di dusun Molingo desa Gandaria. Pengisian kandang dilaksanakan pada bulan September 2021 dengan jumlah 6000 ekor ayam broiler. Sesuai informasi dari aparat desa, bahwa pada 23-24 September 2021 akan dilaksanakan pembersihan tempat pakan ayam dan pemasangan alas lantai kandang ( Litter ), guna mempersiapkan kedatangan DOC ayam, sehingga Mahasiswa KKNT ikut berpartisipasi aktif dalam mempersiapkan hal tersebut, seperti pemotongan Litter dan pencucian tempat pakan ayam.

Pembersihan Tempat pakan ayam - Dok. pribadi
Pembersihan Tempat pakan ayam - Dok. pribadi
Sementara pada tanggal 27 September 2021 adalah kedatangan DOC dan pada kegiatan tersebut, mahasiswa ikut mempersiapkan pakan ternak dan memindahkan DOC ayam dari mobil angkutan ke kandang ayam yang sudah siap ditempati. Pada saat ini, menurut informasi dari tenaga kerja kandang ayam, sudah ada 74 ekor ayam yang mati.

Pemindahan DOC ayam dari mobil angkutan ke kandang ayam - Dok. pribadi
Pemindahan DOC ayam dari mobil angkutan ke kandang ayam - Dok. pribadi
Dalam satu tahun terakhir ini, desa Gandaria juga melaksanakan program Pembangunan Jamban yang sesuai dengan SDGs. Tujuan diadakannya program tersebut yakni mendukung sanitasi untuk masyarakat miskin. Pembangunan jamban dilaksankan pada 15 September 2021 dengan efektif kerja 2 minggu. Dalam hal ini pula, mahasiswa juga turut andil dalam pembangunan jamban di Desa Gandaria.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Pembangunan Jamban - Dok. pribadi
Pembangunan Jamban - Dok. pribadi

"Kami sangat terbantu dengan adanya adik-adik mahasiswa KKN UNG, bukan hanya berpartisipasi dalam pelaksanaan program RKP dan RPJMDes, mereka selalu siap bekerja sama dan ikut berpartisipasi pada semua kegiatan, contohnya pada sosialisasi penanaman sensivera dan pelaksanaan kegiatan vaksinasi, baik pelasanaan di tingkat desa maupun di tingkat kecamatan Tolangohula". Ucap ibu Lista Ngadi selaku kepala dusun Molingo desa Gandaria.
Penulis : Miftahul Jannah Abdul Haris.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan