Mohon tunggu...
Aldina Hasti Putri
Aldina Hasti Putri Mohon Tunggu... mahasiswa universitas Jember

mahasiswa prodi perencanaan wilayah dan kota universitas jember. menyukai dunia literasi.

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Jutawan Cerdas dengan Mengoptimalkan Produk Keuangan

10 Agustus 2020   20:57 Diperbarui: 10 Agustus 2020   21:01 45 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jutawan Cerdas dengan Mengoptimalkan Produk Keuangan
gedung-bi-5f314e6a097f3669be4ed902.jpg

Saya teringat dengan sebuah cerita seorang pegawai kantoran yang mengeluh karena gaji perbulan sebesar 10 juta berkurang menjadi 8 juta per bulan pada masa pandemic. Kita mungkin berpikir dengan gaji 8 juta per bulan masih dikatakan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, namun kenapa pegawai itu mengeluh?. Disini terungkap bahwa pegawai tersebut mempunyai tanggungan kredit mobil sebesar 5 juta perbulan dan hanya menyisakan 3 juta untuk pengeluaran sehari-hari.

Dari cerita diatas mungkin kita dapat mengambil pelajaran bahwa memilih prioritas pengelolaan keuangan harus dipikirkan secermat mungkin, Jangan sampai gaya hidup tinggi membuat semakin tercekik sehingga mengorbankan kebutuhan pokok.

Sebenarnya jika kita mampu mengatur keuangan dengan baik kita akan mampu membuat hidup berkecukupan dari masa ke masa. Penulis akan memberikan 5 tips jitu dalam mengatur keuangan untuk membantu hidup sejahtera yaitu:

  • Membuat anggaran untuk kebutuhan pokok
  • Pisahkan anggaran kebutuhan dan keinginan
  • Menabung/investasi
  • Mengikuti asuransi Kesehatan
  • Hindari berhutang untuk membeli barang

Di saat kita mempunyai pemasukan bulanan pastikan sebisa mungkin menabung atau menyisihkan pendapatan untuk dana darurat, atau mendaftar asuransi Kesehatan yang sangat berguna untuk kemudian hari. Ingat pentingnya merencanakan keuangan di masa sekarang akan berdampak baik pada kondisi keuangan pada masa depan.

Ada juga manfaat lain jika kita menabung ke bank/berinvestasi selain untuk diri sendiri juga untuk negara, Wahh keren kan... dengan menabung di bank uang akan disalurkan menjadi pinjaman/kredit pada yang membutuhkan, tenang uang kita tidak akan berkurang kepimilikanya hanya akan diputar agar lebih bermanfaat guna mendukung kesejahteraan negara.

Kebijakan bank yang bisa melakukan perputaran uang tabungan ini merupakan cakupan dari kebijakan macroprudensial loh, kebijakan makropudensial aman terjaga. jadi sistem perputaran dana tidak menyalahi kaidah perbankan.

Zaman sekarang yang semua bisa diakses dengan mudah memanfaatkan produk jasa keuangan tidak perlu menunggu usia mapan. Investasi menjadi trend yang sudah banyak dilakukan para orang sukses saat ini, namun pada kenyataannya sedikit orang yang berkecimpung dalam dunia investasi. Buat pemuda pemudi milenial penulis merekomendasikan cara gampang buat memaksimalkan produk keuangan kita yaitu berinvestasi emas, bermain saham, ataupun Reksadana.

1. Investasi emas

Dengan investasi emas akan menanamkan uang agar bisa berkembang dalam jangka Panjang, kita dapat menjual emas jika harga jual naik sehingga mendapat keuntungan dari jumlah harga yang dibeli sebelumnya. Sifat likuid emas yang mudah untuk diuangkan akan sangat bermafaat untuk dana darurat pastinya.

2. Bermain saham

Dengan bermain saham kita menamkan modal ke perusahan berupa membeli saham, kita akan mendapat keuntungan dari hasil produksi perusahaan tersebut dan juga bisa menjual lembar saham yang kita punya dengan harga yang bisa menguntungkan dari harga beli.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN